Scroll to Top

Tips Menjaga Gigi Bersih dan Sehat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 30 Oct 2013

gosok gigi

Menjaga kesehatan gigi sama pentingnya merawat bagian tubuh yang lain. Bayangkan saja, saat orang terkena sakit gigi maka semua badan serasa tidak nyaman. Seringkali sakit gigi juga diikuti dengan sakit kepala.Oleh karena itu, kebersihan gigi harus diperhatikan demi menciptakan kesehatannya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan gusi:

  1. Sikat gigi Anda minimal dua kali sehari. Bersihkan juga lidah memakai alat pencuci lidah atau sikat gigi. Begitu pula sehabis mengonsumsi makanan manis sebaiknya segera menyikat gigi, atau minimal berkumur.
  2. Bila telah selesai makan sesuatu yang asam, jangan langsung menyikatnya. Sifat asam bisa mengikis lapisan enamel dengan mudah. Tunggu beberapa saat sebelum Anda menyikat gigi.
  3. Jika minum minuman bersoda manis atau asam, usahakan memakai sedotan. Ini akan menghindari minuman tersebut mengenai gigi agar lebih terjaga kesehatanya dari keropos.
  4. Gunakan selalu sikat gigi yang kondisinya baik. Ganti sikat gigi tiga bulan sekali atau telah menunjukkan tanda-tanda sikat menjadi usang. Sikat yang sudah tidak sempurna buluya dapat melukai gusi.
  5. Merokok dapat mengubah warna gigi, di samping juga meningkatkan risiko kanker mulut. Jauhi rokok jika ingin mendapatkan gigi dan gusi sehat.
  6. Sifat keras alkohol juga bisa mengikis gigi. Hindari meminum minuman memabukkan ini.
  7. Kurangi makanan manis dan gosok gigi Anda usai memakannya. Ini akan mencegah hadirnya bakteri merugikan pada gigi.
  8. Bila gigi terasa sakit atau gusi mengalami pendarahan, segera hubungi dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.
  9. Lakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali. Hal ini sebagai pencegahan dini terhadap kemungkinan adanya masalah pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda