Scroll to Top

Android Kuasai 81% Pasar Smartphone, BlackBerry Hanya 1,5%

By Ditya / Published on Thursday, 31 Oct 2013

Pangsa Pasar

Android tampaknya semakin mengukuhkan dirinya sebagai penguasa pasar smartphone dunia. Hal ini terlihat dari penguasaan pasar smartphone oleh Android mencapai 81%. Sedangkan smartphone BlackBerry turun ke titik terendah, yakni hanya menguasai 1,5% pangsa pasar smartphone dunia.

Berdasarkan data dari ABI Research, kurang lebih 438 juta ponsel dan 244 juta smartphone selama kuartal ketiga tahun 2013. Pangsa pasar smartphone Samsung diketahui tumbuh hingga 35%, sedangkan pangsa pasar Apple tetap pada angka 14% saja.

Apple ini sebenarnya mengalami penurunan pangsa pasar dart tahun ke tahun. Sebelumnya Apple menguasai 22,6% panngsa pasar, kemudian turun ke 18,7%. Kini pangsa pasarnya hanya tingga 14% saja. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini berharap dapat mengapalkan 53 juta iPhone selama musim liburan.

BlackBerry yang saat ini tengah dirundung masalah keuangan dan penjualan smartphone yang loyo ini mulai berdampak pada posisi mereka di pasar smartphone. Kini BlackBerry berada di titilk terendah di pasar smartphone dengan hanya menguasai 1,5% pangsa pasar.

Sedangkan Windows Phone menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi. ABI Research mencatat bahwa pangsa pasar Windows Phone meningkat pesat hingga 165% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Saat ini Windows Phone menguasai 4% pangsa pasar smartphone dunia.

Android saat ini telah menguasai 81% pangsa pasar smartphone dan mengukuhkan dirinya sebagai platform smartphone paling populer saat ini. Hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone Android dengan spesifikasi yang semakin canggih.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (30/10/2013), kemunculan BBM di Android diperkirakan menjadi salah satu faktor meningkatnya penjualan smartphone berlogo robot ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda