Scroll to Top

iPad Air: Skor Benchmark Tunjukan Peningkatan Kinerja Signifikan

By Ditya / Published on Thursday, 31 Oct 2013
Benchmark iPad Air
Benchmark iPad Air

Setelah beberapa waktu lalu resmi diluncurkan, kini muncul hasil pengukuran kinerja tau benchmark dari tablet iPad Air besutan Apple. Data benchmark iPad Air ini berasal dari Primate Labs dengan benchmark Geekbench Browser. Skor benchmark yang dihasilkan iPad Air sangat mengesankan, ini menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan iPad 4.

Berdasarkan data benchmark dari Geekbench Browser, tablet iPad Air ini berhasil membukukan angka 2643 poin, meningkat 87% dibandingkan dengan iPad 4 yang hanya menghasilkan skor 1408 poin. Ini hampir mendekati klaim Apple yang mengatakan bahwa kinerja iPad Air dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Data benchmark Geekbench Browser ini juga menunjukkan bahwa iPad Air ini ditenagai oleh prosesor A7 dengan kecepatan 1,4GHz atau lebih cepat 100MHz dibandingkan dengan prosesor A7 yang digunakan pada iPhone 5S yang berkecepatan 1,3GHz saja.

iPad Air ditenagai oleh prosesor Apple A7 yang menggunakan nama sandi Cyclone. Prosesor Apple A7 mengusung arsitektur ARMv8 64-bit dual-core terbaru dengan kecepatan 1,4GHz.

Sektor grafis, Apple A7 menggunakan pengolah grafis generasi baru dari Imagination Technology yakni PowerVR G6430 quad-core yang telah mendukung standar OpenGL 3.0, DirectX 10, dan OpenCL 1.x.

Meski mengusung prosesor 64-bit, Apple belum memnafaatkan kelebihan dari prosesor tersebut karena hanya membekali tablet iPad Air dengan memori RAM sebesar 1GB saja. Padahal, kelebihan prosesor 64-bit ini adalah dukungan terhadap penggunaan memori RAM 4GB atau lebih besar.

Spesifikasi layar iPad Air ini sama dengan iPad generasi ketiga atau iPad 4 yang mengusung layar berukuran 9,7 inci Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dengan kerapatan piksel 264 ppi (pixel per inch).

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (30/10/2013), iPad Air dilengkapi dengan kamera belakang resolusi 5 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.4 dan menawarkan kemampuan untuk merekam video HD. iPad Air ini juga mengusung kamera depan 1,2 megapiksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda