Scroll to Top

Joe Cole: Dibuang Liverpool untuk Mengilap Bersama Lille

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 29 Sep 2011

joe cole lille

Musim lalu adalah musim puncak kesialan Joe Cole. Bergabung ke Liverpool dengan status free transfer —kontraknya tidak diperpanjang oleh Chelsea— suami seorang instruktur fitness ini tampil buruk.

Dalam debut di Liga Inggris bersama The Reds, Joe Cole terkena kartu merah setelah melanggar bek Arsenal, Laurent Koscielny. Selang tiga hari, ia gagal mengeksekusi penalti saat Liverpool bertemu Trabzonspor di Europa League. Beruntung, kali ini Liverpool tidak kalah lagi. Mereka menang 1-0.

Sejak dua penampilan buruk itu, Cole seperti tidak bisa keluar tekanan. Bebannya memang cukup besar. Pertama, ia memakai nomor punggung 10; yang sangat keramat di dunia sepakbola. Kedua, ia terlanjut menjadi tumpuan harapan para punggawa Liverpool. Bahkan, sang kapten Steven Gerrard sempat berkata bahwa Joe Cole lebih hebat daripada Lionel Messi.

Tak mampu menampung beban, Joe Cole cuma bisa bermain 32 kali untuk Liverpool. Ia lebih banyak datang dari bangku cadangan. Koleksi golnya pun cuma tiga biji.

Namun kini, keadaan berubah. Ketika ia tak ada dalam rencana besar King Kenny Dalglish, Cole mesti rela mendaratkan kaki ke Lille, juara Liga Prancis. Ia mengenakan nomor punggung 26.

Nyatanya, bermain di liga yang kualitasnya “lebih rendah”, Joe Cole bisa tampil lebih apik. Seperti Shaun Wright-Phillips yang menemukan kembali kehidupan sepakbolanya di Queens Park Rangers, Joe Cole juga demikian.

Pada debutnya, Cole sukses memberikan kontribusi untuk gol ketiga Lille melawan Saint-Ettiene (skor akhir 3-1), padahal ia tampil sebagai pemain pengganti. Lalu, pada 24 September 2011 kemarin, ia mencetak gol pertamanya ketika Lille ditahan imbang Lorient 1-1. Satu hal yang membanggakan, Joe Cole bisa bermain di Liga Champions, kasta tertinggi di Eropa. Bahkan, rekan-rekannya di Liverpool, musim ini tidak bisa merasakan hal tersebut. Pantas jika dikabarkan, Cole ingin bertahan lebih lama di Lille. Plus, berharap bisa dipanggil ke timnas Inggris lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda