Scroll to Top

Gejala Anda Mengalami Penurunan Kekebalan Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 01 Nov 2013

flu

Tubuh setiap orang dibekali dengan petahanan secara alami. Sistem kekebalan tubuh ini membantu melawan setiap benda asing yang masuk ke badan agar tidak sampai menginfeksi. Seperti halnya sebuah pertahanan, kekuatannya bisa saja lemah. Banyak faktor yang dapat merugikan kekebalan tubuh. Contohnya kurang tidur, kurang vitamin C atau vitamin D.

Kekebalan tubuh yang lemah kemungkinan memunculkan tanda sebagai berikut:

  1. Anda mengalami rasa menggil lebih dari 10 kali dalam setahun. Ini menandakan kekebalan tubuh Anda mungkin perlu mendapat perhatian. Anda juga mudah terserang pilek yang disebabkan oleh virus. Masalah ini dapat diusir dengan mengandalkan kekebalan tubuh. Antibiotik tidak mempan membasmi karena obat ini hanya efektif untuk membunuh bakteri.
  2. Rambut mengalami kerontokan parah. Kerontokan rambut yang masih bisa ditoleransi yaitu kurang dari 100 helai per hari. Menurunnya kekebalan tubuh membuat rambut menjdi lemah dan mudah rapuh.
  3. Anda mengalami rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan persendian. Tenggorokan terasa sakit untuk menelan dan sendi agak nyeri.
  4. Tiba-tiba badan merasa sangat lelah. Bahkan, kekebalan tubuh yang menurun membuat Anda tetap merasa lemas usai bangun dari tidur.
  5. Virus herpes mudah menyerang pada orang yang menurun kekebalan tubuhnya. Saat tubuh Anda lemah, herpes dapat datang. Jika Anda pernah mengalami sebelumnya, virus herpes yang dorman (tertidur) akan bangkit kembali untuk membuat infeksi. Herpes berada di dalam tubuh dari 90 persen populasi dunia.
  6. Mungkin Anda akan mengalami komplikasi setelah mendapatkan flu atau pilek. Penyakit ini dapat berkembang menjadi sinusitis atau bronkitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda