Scroll to Top

Memanfaatkan Daun Salam untuk Obat Asam Urat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 01 Nov 2013

daun_salam

Asam urat terjadi ketika kandungan purin dalam tubuh meningkat drastis. Sebagian purin tersebut ada yang mengendap di sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Asam urat kerap ditemui menyerang pada sendi kaki dan membuatnya bengkak. Penyebabnya lebih disebabkan oleh makanan seperti emping melinjo, kacang, dan sebagainya.

Mengobati asam urat banyak pilihannya. Bagi penderita yang menghendaki pengobatan secara alami, menyeruput seduhan daun salam bisa menjadi solusi. Daun yang kerap dipakai sebagai penyedap masakan ini memiliki zat yang mampu mengurangi keluhan asam urat.

Daun salam bisa ditemukan tumbuh liar di Indonesia. Biasanya memang terdapat di hutan atau pegunungan. Tanaman yang bernama latin Syzygium polyanthum ini punya ketinggian sampai 25 meter.

Kegunaan daun salam sebagai obat asam urat bisa dilakukan dengan merebus daunnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.

Daun salam sebenarnya bisa dipakai untuk mengobati banyak penyakit. Pasalnya, daun ini memiliki minyak atsiri, tannin, dan antioksidan flavanoid yang berguna bagi tubuh. Di antara penyakit yang bisa diatasi adalah radang lambung, diare, gatal-gatal, kolesterol tinggi, hipertensi, hingga melancarkan peredaran darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda