Scroll to Top

Windows 7 Kuasai Separuh Pangsa Pasar Sistem Operasi PC di Dunia

By Ditya / Published on Friday, 01 Nov 2013
Windows 7
Pangsa Pasar Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang dipakai oleh separuh pengguna PC di dunia. Hal ini diketahui berdasarkan data statistik jumlah pengguna sistem operasi Windows 7 yang bersumber dari StatCounter. Sistem operasi Windows 7 ini menguasai 51,73% pasar sistem operasi PC.

StatCpunter kembali merilis data statistik terbaru mengenai jumlah pengguna dan pangsa pasar sistem operasi PC. Berdasarkan data dari StatCounter tersebut, Windows 7 digunakan oleh 1 dari 2 pengguna PC di seluruh dunia, dengan kata lain menguasai separuh pangsa pasar sistem operasi PC.

Windows 7 menguasai 51,73% pasar dan mengukuhkan posisinya sebagai sistem operasi PC nomor satu di dunia. Hal ini tak terlepas dari penilaian konsumen yang menganggap bahwa Windows 7 adalah pilihan terbaik saat ini. Sistem operasi ini dinilai lebih stabil dan matang ketimbang Windows 8.1.

Posisi kedua diduduki oleh sistem operasi Windows XP yang menguasai 20,05%. Meski masih menduduki posisi kedua, pangsa pasar Windows XP ini turun cukup signifikan karena sebelumnya menguasai sekitar 33% pangsa pasar. Hal ini tak terlepas dari kabar berakhirnya dukungan Windows XP pada 8 April 2014 mendatang yang mendorong pengguna beralih ke Windows yang lebih baru.

Bagaimana dengan sistem operasi Windows 8.1? Sistem operasi Windows 8.1 yang baru saja diluncurkan pada 17 Oktober 2013 ini belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bahkan, pangsa pasar sistem operasi Windows 8.1 ini cenderung stagnan di angka 7,7%.

Posisi keempat dan kelima diduduki oleh sistem operasi Apple Mac OS X dan Windows Vista yang masing-masing menguasai pangsa pasar sebesar 7,01% dan 5,31 persen. Sedangkan sistem operasi lain, seperti Linux dan BSD masuk dalam kategori Other dengan pangsa pasar kurang dari 5%, seperti yang dilansir dari Softpedia (31/10/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda