Scroll to Top

Ini Alasan Mengapa Twitter Tertarik Buat Aplikasi Chatting

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Nov 2013

Twitter Logo

Beberapa waktu lalu sempat muncul rumor jika Twitter miliki minat untuk hadirkan aplikasi chatting sendiri. Menurut ulasan Jon Russel dari The Next Web, muncul sebuah kekhawatiran dari microblogging itu atas kian suksesnya LINE. Lantas, apa yang dikhawatirkan?

Twitter dan LINE memang berbeda. Keduanya juga miliki ranah bisnis yang berbeda. Apa yang ‘dijual’ juga berbeda. Kembali, apa yang dikhawatirkan Twitter? Singkatnya, perhatikan gambar di bawah ini:

McCartney  Twitter

Kemudian perhatikan kembali gambar di bawah ini:

McCartney LINE

Ya, kedua gambar di atas adalah laman official dari Paul McCartney (The Beatles). Di Twitter, pembetot bass band asal Liverpool itu hanya miliki 1,6 juta follower. Sedangkan di LINE, angkanya lebih dari dua kali lipat yakni 3,8 juta.

LINE hingga kini miliki 280 juta pengguna. Jumlah yang cukup besar dan bisa dikatakan hampir setara dengan Twitter. Namun yang menarik kemudian adalah interaksi LINE yang seakan lebih populer dari Twitter.

Model bisnis utama LINE adalah jualan stiker. Bahkan, 90% lebih pendapatan LINE dari sektor ini. Di Twitter pun mereka getol berpromosi stiker. Misalkan kicauan promo stiker Paul McCartney berikut.

Pendek kata, LINE berikan channel ke fans (Paul McCartney) agar mereka menerima news update dan purchase stiker. Dan LINE lakukan monetisasi dari cara ini. Bukankah Twitter juga demikian minus stiker?

News update mereka miliki lewat akun Twitter masing-masing. Jika bicara fitur chat atau pesan pribadi, Twitter juga punya Direct Message. Jika melihat bagaimana geliat LINE yang luar biasa dahsyat dengan role model bisnisnya, tak salah bukan jika Twitter beminat lakukan bisnis serupa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda