Scroll to Top

FB Tembus 1,19 Miliar Pengguna Aktif Bulanan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Nov 2013

Facebook

FB semakin tak terkejar. Banyak yang menguntit namun mereka selalu beberapa langkah di depan. Kamis kemarin, saat merilis laporan keuangan sepanjang kuartal II 2013, Facebook ungkap jumlah pengguna aktif bulanan mereka. Angkanya fantastis, 1,19 miliar pengguna.

Angka tersebut tercatat pada bulan September lalu. Sedangkan dari 1,19 miliar pengguna aktif itu 874 juta diantaranya mengakses melalui perangkat bergerak.

Masih di bulan September, rata-rata Facebook diakses oleh 728 juta pengguna saban harinya. Dari ratusan juta pengakses harian itu 507 juta diantaranya berkunjung melalui smartphone dan tablet.

Facebook seakan alami lonjakan pengguna yang cukup signifikan dari pelbagai sektor. Pengguna bulanan mereka naik 18%, pengguna harian naik 25%, dan sedangkan pengguna dari perangkat bergerak juga naik 45%.

Yang patut dicermati kemudian adalah roh Facebook sejatinya diawali dari perangkat desktop bukan mobile. Ini berbeda dengan Instagram yang lahir dari aplikasi kemudian menyasar ke desktop. Dengan peningkatan jumlah pengguna di atas bisa dibilang Facebook sukses mencuri hari pengguna perangkat bergerak.

Lantas, apa hasil dari lonjakan pengguna ini? Bisa ditebak jika Facebook alami lonjakan pula untuk segi pendapatan. Pada kuartal II laba FB melonjak USD 425 juta. Padahal di periode yang sama tahun lalu mereka merugi USD 59 juta.

Sedangkan keuntungan mereka di angka USD 621 juta dari USD 311 juta dibanding periode yang sama tahun lalu. Secara total, pendapatan FB naik 60% jadi USD 2,02 miliar dari sebelumnya USD 1,26 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda