Scroll to Top

Barcelona Terbaik? Ya Barca Era Pep Guardiola!

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 01 Nov 2013

Barcelona Terbaik Ya Barca Era Pep Guardiola!

Barcelona terbaik adalah Barca era Pep Guardiola. Demikian yang disebutkan oleh pelatih Gerardo Martino, yang juga mengakui, Lionel Messi dkk. harus secepatnya mendapatkan bentuk terbaik untuk terus melaju pada musim ini.

Memang, ada perbedaan besar di tubuh Barcelona saat ini. Mereka tidak sungkan untuk bermain bertahan, mengandalkan umpan-umpan panjang, dan memeragakan serangan balik cepat yang tergolong ‘tabu’ di masa sebelumnya, baik bersama Pep Guardiola maupun Tito Vilanova.

Tak pelak, banyak yang membandingkan pasukan Tata Martino dengan masa kejayaan Barca bersama Pep. Apalagi bersama sang pelatih berkepala plontos, klub Catalan menyabet gelar Liga Champions dua kali. Serta, pernah meraup enam gelar dalam semusim.

Menanggapi perbandingan ini, Gerardo Martino tampak santai. Katanya, “Saya harap bisa menemukan bentuk terbaik kami secepatnya. Namun, kita tidak seharusnya membandingkan diri sendri dengan tim Barcelona di masa lalu.”

Martino menambahkan, “Sebagai pelatih, tentu saja saya ingin sekali berada dalam level yang lebih dekat dengan penampilan yang dimiliki Barca dua tahun lalu (bersama Pep Guardiola). Barca kala itu adalah tim terbaik dalam sejarah olahraga.”

Meskipun demikian, bagi pelatih asal Argentina, saat ini yang dibutuhkan Barcelona adalah permainan efisien. Tidak mungkin mereka terus mengulang cara bermain kubu Camp Nou kala dilatih Pep yang sekarang menangani Bayern Munchen.

“Tak mungkin ada sebuah tim terbaik dalam sejarah sepakbola (yang terus bertahan dengan penampilan mereka) setiap tahun.”

Kenyataannya, Barcelona era Tata Martino, menemukan apa yang kurang selama ini. Yaitu, memiliki rencana B ketika tiki-taka membentur strategi parkir bus. Kemenangan demi kemenangan yang didapatkan dari lini depan yang efektif, juga terus tertoreh. Sebelum melawan Espanyol esok hari, Barca saat ini mengumpulkan 31 poin dari 11 laga, hanya imbang kala bersua Osasuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda