Scroll to Top

MotoGP 2013: Duel Maut Lorenzo vs Marc Marquez!

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 02 Nov 2013

Grand Prix Valencia yang menjadi seri terakhir MotoGP 2013 akan menjadi saksi duel maut Jorge Lorenzo vs Marc Marquez. Sesama pembalap asal Spanyol yang cuma terpaut 13 poin ini akan bertarung habis-habisan untuk memastikan siapa yang lebih layak menyandang status juara dunia.

Untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, pemenang MotoGP harus ditentukan hingga balapan terakhir. Kala itu, Valentino Rossi yang berpeluang menjadi juara umum, harus gigit jari karena Nicky Hayden berhasil mengantongi 16 angka di Valencia. Apakah kejadian dramatis ini akan terulang?

Bicara musim ini, Marc Marquez unggul dalam keberhasilan meraih podium. Tercatat, pria berusia 20 tahun ini masuk setidaknya dalam tiga besar setiap lomba, dalam 15 kesempatan. Bandingkan dengan 13 podium yang diraih sang juara bertahan.

Namun, bicara catatan kemenangan, Jorge Lorenzo lebih hebat. Pria berusia 26 tahun telah mendapatkan 25 angka sebanyak tujuh kali musim ini. Sementara, sang rookie menguntit dengan 6 kemenangan.

Kemudian, terkait kemampuan menyelesaikan lomba, Marc Marquez tercatat gagal finish ketika tampil di Mugello. Ia juga punya pengalaman pahit di Phillip Island ketika didiskualifikasi karena kesalahan strategi Repsol Honda. Sementara Jorge Lorenzo, absen di Silverstone karena cedera tulang selangka.

Dengan keunggulan 13 angka yang dimiliki Marquez saat ini, ia hanya membutuhkan finish di peringkat keempat. Andai hal tersebut terjadi, meski Lorenzo juara GP Valencia sekalipun, sang juara bertahan akan mengantongi 330 angka, alias satu poin di bawah Marquez.

Namun, hitungan seperti ini tentu bukanlah segalanya. Kejadian yang menimpa Valentino Rossi tujuh tahun lalu menjadi peringatan keras bagi pembalap Yamaha. Kesalahan sedikit saja mungkin membuat sang rookie mengakhiri musim dengan duka cita; dan sebaliknya, Jorge Lorenzo yang berbahagia.

Nah, siapa jagoan Anda di Grand Prix Valencia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda