Scroll to Top

iPad Air Dibongkar, Ini Komponen yang Digunakannya

By Ditya / Published on Saturday, 02 Nov 2013
iPad Air
iPad Air Dibongkar

Apple secara resmi telah meluncurkan tablet iPad Air yang mengusung desain yang tipis dan ringan sebagai generasi penerus iPad 4. Baru-baru ini, iPad Air telah dibongkar oleh iFixit untuk mengetahui komponen yang digunakan dan kemampuan repairability-nya, penasaran? Simak ulasan berikut ini.

iFixit adalah situs yang sering melakukan pembongkaran terhadap gadget-gadget baru untuk mengetahui konstruksi di dalamnya, kemampuan repairability, dan komponen yang digunakan. Kali ini, iFixit membongkar tablet teranyar Apple, yakni iPad Air yang baru saja diluncurkan.

Tim iFixit mengatakan bahwa membongkar iPad Air ini bukanlah hal yang mudah karena Apple tak hanya menggunakan konstruksi yang rumit, tetapi juga banyak komponen yang menggunakan lem. Hal ini membuat tim iFixit memberikan rating repairability 2/10 untuk iPad Air yang berarti tablet ini sulit diperbaiki jika rusak.

Menurut iFixit, iPad Air menggunakan konstruksi baru yang berbeda dengan tablet iPad generasi sebelumnya dan hal inilah yang membuatnya tampil lebih tipis dan ringan. Apple juga membekali iPad Air ini dengan baterai dua cell yang lebih ramping dari baterai 3 cell milik iPad 4.

Apa saja komponen yang digunakan? berdasarkan hasil pembongkaran yang dilakukan oleh iFixit, tablet iPad Air ini menggunakan beberapa komponen berikut ini:

  • Prosesor Apple A7 (buatan Samsung)
  • Co-prosesor Apple M7 motion controller
  • Elpida F8164A1MD 1GB LPDDR3 SDRAM
  • Memori NAND flash 16GB dari Toshiba THGBX2G7B2JLA01
  • Dua chip Broadcom BCM5976C1KUB6G untuk touchscreen controller
  • Qualcomm M9616M LTE Processor dengan 128MB DRAM
  • Beberapa komponen lainnya

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (01/11/2013), iFixit tidak menyebutkan siapa pembuat layar LCD Retina Display yang digunakan oleh tablet iPad Air ini. Beberapa sumber menyebutkan bahwa layar iPad Air masih dibuat LG. Sumbar lain mengatakan bahwa Apple juga turut menggandeng Samsung untuk memproduksi layar iPad Air dan iPad Mini Retina Display.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda