Scroll to Top

Belajar Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 02 Nov 2013

BBM for Android

Belajar cara membuat aplikasi Android untuk pemula memang tidaklah mudah. Apalagi jika pengguna sama sekali tidak miliki pengetahuan dasar terkait. Namun jangan berkecil hati dulu. Orang awam pun bisa membuat aplikasi Android dengan bantuan 5 tool berikut.

1. PhoneGap

Aplikasi ini besutan Nitobi Software. Pengguna bisa ciptakan aplikasi mobile tak hanya untuk Android namun juga iPhone, iPad, Android, Plam, BB, Windows Mobile, dan sebagainya. Caranya, pengguna hanya menuliskan program dalam HTML, CSS atau Javascript lalu ditransfer ke compiler Phonegap.

2. iBuildApp

Tool ini sediakan template siap pakai untuk pembuatan aplikasi Android, kemudian pengguna bisa mengubah sesuai keinginan. Misalkan saja soal warna, tema, logo, tombol, dan kustomisasi.

3. Comduit Mobile

Tool ini mungkin kebalikan dari Phonegap. Jika di Phonegap pengguna diharuskan agak sedikit mikir soal ‘koding’, di tool ini pengguna sudah disiapkan konsep template yang siap digunakan dan berjalan di pelbagai platform. Anda hanya diwajibkan miliki situs web/blog dan akun Twitter.

4. Androids Apps Maker

Sesuai namanya, tool ini memang diciptakan untuk membuat aplikasi Android. Saat ini hanya miliki koleksi 18 template yang siap pakai untuk membangun aplikasi yang diinginkan. Aplikasi yang telah diciptakan akan dikirim berkasnya via email.

5. Appiventor

Tool ini mulanya dipakai oleh developer pemula yang kemudian dihibahkan ke MIT. Berbeda dengan tool-tool di atas, tool ini murni tanpa template. Jadi, pengguna wajib mengerti walaupun tidak jago ‘koding’. Tenang ada video tutorial yang bakal membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda