Scroll to Top

Punya Suami Lebih Tua Konon Bikin Pernikahan Lebih Awet

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Sep 2011

suami lebih tua

Kabar ini didapat dari hasil studi yang dilakukan peneliti di Swiss. Mereka mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi perceraian. Ada 1.074 pasangan suami istri yang dijadikan responden. Dan, di balik penelitian itu, peneliti justru mendapati beberapa faktor yang dapat mempererat pernikahan sampai tua.

Penelitian yang dimaksudkan mencari solusi mencegah angka perceraian itu, mengatakan, usia dan pendidikan adalah faktor yang dapat mempengaruhi pernikahan. Wanita yang memiliki suami lebih tua, memiliki potensi enam kali kuat untuk mempertahankan rumah tangga dari berbagai ujian dalam keluarga. Kira-kira selisih lima tahun itu lebih baik.

Jika dilihat dari faktor pendidikan, istri yang berpendidikan lebih tinggi dari suami, mempunyai ikatan pernikahan 8 kali lebih kuat. Kalau keduanya setara dalam urusan pendidikan, potensi keawetan pernikahan sekitar dua kali lipat. Kalau merunut hasil penelitian ini, maka keawetan pernikahan bisa didapat dengan rumus: “suami lebih tua dan istri yang cerdas”. Ups, tapi jangan dijadikan patokan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda