Scroll to Top

FB Gratis Diakses di Filipina, Bagaimana di Indonesia?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 02 Nov 2013

Facebook

Per 31 Oktober 2013 atau kemarin lusa, akses FB di Filipina gratis. Pengguna smartphone tak akan dibebani tarif akses data tatkala bermain jejaring sosial populer tersebut. Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Fitur ini adalah yang pertama kali bagi Facebook yang 100% berikan akses gratis ke pengguna smartphone tanpa biaya akses data. Pengguna bisa gratis akses FB via aplikasi dan situs mobile.

“Kami fikir Asia adalah kesempatan besar untuk pertumbuhan pengguna Facebook,” ujar Chris Daniels, Wakil Presiden Kemitraan Facebook.

Masih menurutnya, ada sekitar dua miliar orang Asia terhubung ke Internet. Ini merupakan pangsa pasar yang cukup besar. Sedangkan Filipina dipilih sebab miliki potensi yang luar biasa.

“Kami memulai program ini di Filipina karena ada 30 juta orang di negara ini mengakses internet tiap bulan,” sambungnya.

Sejatinya akses Facebook gratis bukan kali pertama diluncurkan. Pada tahun 2010 lalu FB meluncurkan Facebook Nol yang dikhususkan untuk 45 negara di Asia dan Afrika. Namun, pengguna harus mengunjungi situs 0.facebook.com untuk hindari biaya akses data.

Menurut Daniels, tren di negara berkembang untuk akses data adalah pasar prabayar. Dengan akses Facebook gratis ia berharap Facebook bisa menjadi bagian penting dalam sendi kehidupan warga. Misalkan dalam mengkoordinasi bantuan bencana alam atau gerakan sosial.

Sedangkan di Indonesia sendiri sejumlah operator selular dalam negeri juga lakukan hal serupa. Mereka berikan akses FB gratis ke situs mobile, aplikasi, atau Facebook Messenger. Namun pada umumnya disertai dengan embel-embel syarat dan ketentuan berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda