Scroll to Top

Asmir Begovic: Kiper Kelima Yang Mencetak Gol di Era Premier League

By Wan Faizal / Published on Sunday, 03 Nov 2013

Begovic-Cameron

Nama Asmir Begovic menyita perhatian publik. Kiper Stoke City itu mampu mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga Liga Inggris hari Sabtu (2/11/2013) yang berkesudahan dengan skor 1-1 saat pertandingan baru berjalan 14 detik! Fakta ini pun membuat nama Begovic muncul sebagai kiper kelima dalam sejarah yang pernah mencetak gol di era Premier League.

Lantas, siapa saja kiper yang mencetak gol di era Premier League tersebut? Plus saksikan video gol dari kelima kiper tersebut.

  • Peter Schmeichel (Everton 2-3 Aston Villa, 22 Oktober 2001)

Eks kiper Manchester United asal Denmark itu seakan punya insting tajam saat pertandingan tersebut digelar. Schmeichel mendadak ikut maju ke depan saat Aston Villa mendapat peluang terakhir dari sepak pojok. Perjudiannya berbuah hasil saat bola sepakannya deras meluncur ke gawang Everton.

  • Brad Friedel (Charlton 3-2 Blackburn, 21 Februari 2004)

Kiper yang kini membela Tottenham Hotspur tersebut punya kisah mirip Schmeichel. Memasuki akhir pertandingan, ia maju ke gawang Charlton dalam situasi sepak pojok. Bola yang dikirimkan Brett Emerton menuju tiang jauh dimana Paul Gallagher berdiri. Nama terakhir kemudian mengirim bola kembali ke muka gawang Charlton yang disambut sontekan Friedel.

  • Paul Robinson (Tottenham 3-1 Watford, 17 Maret 2007)

Robinson-Spurs

Gol ini berasal dari tendangan bebas di daerah belakang pertahanan Spurs. Dalam situasi seperti itu, praktis sang kiper, yakni Robinson, yang mengambil tendangan bebas itu. Robinson lantas menendang bola jauh ke depan dengan harapan rekan setimnya bisa menyambutnya. Tapi apa yang terjadi? Bola melaju terlalu kencang, memantul lapangan saat di depan kiper Ben Foster, dan masuk ke gawang Watford.

  • Tim Howard (Everton 1-2 Bolton, 4 Januari 2012)

Howard mendapat bola backpass dari rekannya yang langsung dibuangnya jauh ke depan. Terpaan angin membuat bola melaju lebih kencang dari ekspektasi. Bola sempat memantul dan kembali melambung dan itu diluar jangkauan kiper Bolton, Adam Bogdan. Sayangnya, gol pembuka tersebut gagal menyelamatkan Everton dari kekalahan.

Distin-Howard

  • Asmir Begovic (Stoke 1-1 Southampton, 2 November 2013)

Termutakhir jelas apa yang dilakukan oleh Begovic. Prosesnya sama seperti gol yang dicetak Howard. Bedanya, gol Begovic ini sekaligus tercatat dalam sejarah sebagai gol tercepat yang pernah dicetak kiper di era Premier League saat laga baru berjalan 14 detik.

http://www.youtube.com/watch?v=-tv-n4XtYHQ

http://www.youtube.com/watch?v=QVJCABPF3CI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda