Scroll to Top

Shakuntala Devi: Si Jenius Matematika asal India

By Cherlya / Published on Monday, 04 Nov 2013

Shakuntala Devi dikenal sebagai “Manusia Komputer”, adalah seorang anak ajaib asal India yang sukses menempatkan namanya dalam edisi Guinness Book of World Records tahun 1982.

Shakuntala Devi lahir di Bangalore, India, dari kalangan keluarga ortodoks Kannada Brahmana. Ayahnya menolak menjadi pendeta dan malah bergabung dengan sirkus sebagai penjinak singa, berjalan di atas tali dan kadang bermain sulap.

Ayah Devi menemukan kemampuannya dengan angka saat mengajar trik kartu ketika dia berusia sekitar tiga tahun . Ayahnya meninggalkan sirkus dan membawanya pada road show yang menampilkan kemampuannya mengolah angka. Devi mampu melakukan ini tanpa pendidikan formal. Pada usia enam tahun ia menunjukkan kemampuan menghitung dan menghafalnya di Universitas Mysore.

Pada tahun 1944 Devi pindah ke London bersama ayahnya. Dia kembali ke India pada pertengahan 1960-an dan menikahi Paritosh Bannerji, seorang petugas dari Layanan Administrasi India dari Kolkata. Dia dan suaminya bercerai pada tahun 1979. Devi kembali ke Bangalore pada awal tahun 1980.

Devi berkeliling dunia menunjukkan bakat aritmatika nya, termasuk tur Eropa pada tahun 1950 dan tampil di New York pada tahun 1976. Pada tahun 1988 ia kembali ke Amerika Serikat untuk dipelajari bakatnya oleh Arthur Jensen, seorang profesor psikologi di universitas California, Berkeley.

Jensen menguji penampilannya pada beberapa tugas, termasuk perhitungan jumlah besar. Contoh masalah yang diajukan ke Devi yaitu menghitung akar pangkat tiga dari 61.629.875, dan akar ketujuh dari 170.859.375.

Jensen membuktikan bahwa Devi mampu memberikan solusi untuk masalah tersebut. Jawaban dari kasus di atas yaitu 395 dan 15 masing-masing, sebelum Jensen selesai menuliskannya dalam bukunya. Jensen menerbitkan temuannya tersebut dalam jurnal akademik Intelligence pada tahun 1990.

Selain pekerjaannya sebagai “manusia kalkulator”, Devi juga mendalami astrologi dan menulis beberapa buku, termasuk buku masak dan novel fiksi.

Pada April 2013, Devi dirawat di sebuah rumah sakit di Bangalore akibat masalah pernapasan. Selama 2 minggu berikutnya dia menderita komplikasi jantung dan ginjal. Devi meninggal di rumah sakit pada tanggal 21 April 2013 saat berusia 83 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda