Scroll to Top

Akankah Mobil “Minum” Jeruk?

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Sep 2011

kulit jeruk

Pencarian sumber energi alternatif sepertinya selalu menampakkan perkembangan positif. Untuk mengurangi bahan bakar dari minyak mentah, misalnya, mulai ada gantinya dari berbagai bahan yang bisa diperbarui. Seperti dari lemak unggas, biji jarak, dan sebagainya, menjadi biodiesel yang kerap menjadi campuran solar.

Sekarang, beda lagi bahan dasarnya. Temuan Profesor James Clark justru menggunakan kulit jeruk untuk dijadikan bahan bakar. Menurutnya, kulit jaeruk dapat “disulap” menjadi bahan kimia, material, dan bahan bakar. Demikian rilis Daily Express.

“Di Brasil, produsen terbesar di dunia jus jeruk, setengah buah jeruk yang tersisa hanya menjadi limbah,” ujar Clark.

Untuk menjadi bahan bakar, perlu dilakukan pemecahan molekul-molekul dalam kulit jeruk agar muncul gas. Caranya dengan memanfaatkan gelombang mikro berkekuatan tinggi. Gas inilah yang nantinya disatukan dan disuling menjadi pektin cair untuk diubah sebagai bahan bakar. Dan, Clark rela merogoh kocek 200 ribu pound untuk memroses 30 kilogram kulit jeruk di laboratoriumnya, Green Chemistry Center di University of York.

Optimistis Clark tidak terbatas pada uji coba kulit jeruk. Dia meyakini ada sumber lain yang dimungkinkan dapat dipakai sebagai bahan bakar alternatif. “Proses ini bisa digunakan untuk produk-produk limbah lain yang kita hasilkan setiap hari seperti jerami, kulit apel, kopi, atau sekam padi,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda