Scroll to Top

Nissan Kembangkan Teknologi Menyetir dengan Pikiran

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Sep 2011

kekuatan pikiran

Anda tahu tokoh Profesor Charles Xavier, yang juga dipanggil Profesor X, dalam film X-Men? Dia memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu hanya dengan kekuatan pikirannya. Nah, kemampuan seperti itu saat ini sedang dikembangkan oleh Nissan Motor Company agar pengemudi mobil dapat mengendarai kendaraannya lewat perintah dari otaknya.

Penelitian yang dikembangkan bersama École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Swiss ini, masih menggunakan kursi roda sebagai tahap awal. Pada piranti tersebut dipasang mesin yang terhubung pada sebuah laptop. Seorang relawan diminta untuk duduk dan kepalanya dipindai untuk mengetahui keinginannya saat mengendalikan kursi roda

Nissan berharap, temuannya ini kelak akan memudahkan pengemudi untuk melakukan berbagai aktivitas berkendara. Seperti menambah kecepatan, mengerem, membelokkan, dan meluruskan setir.

“Idenya adalah memadukan kecerdasan pengemudi dan kendaraan bersama sedemikian rupa, sehingga menghilangkan konflik antara mereka,” kata Profesor José del R. Millan, kepala proyek penelitian, seperti dikutip Media Indonesia.

Proyek ini diberi nama Brain Machine Interface (BMI). Prinsip kerja utamanya dengan merekam pola perilaku pengemudi saat berkendara. Data akan disimpan dalam komputer, yang kemudian diteruskan ke komputer mobil untuk diaplikasikan pada gerak mobil. Mobil akan patuh terhadap perintah dari pikiran sang pengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda