Scroll to Top

iPad Air Lebih Tipis dan Ringan, Ini Rahasianya

By Ditya / Published on Monday, 04 Nov 2013
iPad Air
iPad Air

iPad Air telah resmi diluncurkan oleh Apple beberapa waktu lalu dan kini telah memasuki pasar. Salah satu kelebihan iPad Air dibanding generasi sebelumnya adalah dimensinya yang lebih tipis, ringan, dan bezel yang lebih tipis. Apa rahasia iPad Air ini bisa lebih tipis dari generasi sebelumnya? Simak ulasan berikut ini.

Tablet iPad 4 memiliki berat 1,44 pon, sedangkan tablet iPad Air ini lebih ringan karena beratnya hanya 1 pon saja. Rahasia ringan dan tipisnya tablet iPad Air hanya bisa diungkap dengan membongkar tablet tersebut. iFixit telah membongkar iPad Air dan membeberkan rahasia di dalamnya.

Berdasarkan hasil pembongkaran, terlihat bahwa tablet iPad Air ini menggunakan konstruksi baru yang berbeda jika dibandingkan dengan iPad sebelumnya. Tablet iPad Air ini ternyata disominasi oleh baterai. Perusahaan asal Cupertino ini juga memangkas ukuran komponen yang ada pada iPad Air.

Selain itu, iPad Air ini menggunakan baterai berkapasitas 2 cell saja, sehingga dapat mengurangi ketebalan dan berat tablet secara keseluruhan. Sedangkan iPad 4 atau iPad generasi ketiga menggunakan baterai 3 cell. Meski baterai iPad Air hanya 2 cell, Apple mengklaim bahwa daya tahan baterai tablet iPad Air ini setara dengan iPad generasi sebelumnya.

“Pembangunan unibody baru dan bezel yang lebih kecil menunjukkan bahwa kandungan aluminium keseluruhan berkurang, mengurangi berat tablet. Prosesor A7 terbaru dan elektronik pendukung yang diperbarui mampu mengurangi konsumsi baterai. Dan perbaikan desain kemungkinan tampilan akan memungkinkan baterai yang lebih kecil,” kata Wayne Lam, analis dari IHS iSuppli.

Seperti yang dilansir dari CNET (02/11/2013), meski tablet iPad Air ini lebih tipis dan ringan, namun ternyata juga lebih sulit diperbaiki jika rusak. Hal ini diungkapkan oleh iFixit yang mengatakan bahwa konstruksi iPad Air ini rumit dan rapat, serta menggunakan banyak lem, sehingga sulit dibongkar dan diganti komponennya jika rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda