Scroll to Top

Tottenham: Hugo Lloris Harusnya Diganti Saat Lawan Everton

By Wan Faizal / Published on Monday, 04 Nov 2013

Lloris-Lukaku

Kritik pada kubu Tottenham Hotspur datang dari Chief Medical Officer FIFA, Jiri Dvorak. Kritik itu datang terkait Hugo Lloris yang masih diizinkan main oleh manajer Andre Villas-Boas setelah sang kiper mengalami benturan keras pada kepalanya akibat terjangan striker Everton, Romelu Lukaku. Kabarnya saat itu, Lloris sempat pingsan beberapa detik setelah kepalanya bertubrukan dengan lutut Lukaku.

Insiden itu terjadi di menit 80-an. Lukaku tanpa kenal menyerah terus mengejar bola disaat Lloris juga bertindak yang sama. Lloris mampu menangkap bola namun sayangnya Lukaku tak bisa menghentikan laju larinya. Alhasil, kepala Lloris bertabrakan keras dengan lutut Lukaku.

Striker Everton itu kemudian mengisyaratkan agar tim medis segera datang sambil menunjuk arah Lloris, yang berarti tubrukan yang terjadi memang keras. Dan benar saja, Lloris sempat mendapat perawatan lama di lapangan.

Uniknya, kiper asal Prancis itu sebenarnya sudah akan diganti oleh Brad Friedel. Ia dibawa ke pinggir lapangan namun menunjukkan reaksi ogah dan ingin terus melanjutkan permainan. Rekan setimnya dan tim medis  Spurs hingga wasit Kevin Friend terlihat meminta Lloris untuk beristirahat saja. Dan lucunya, Lloris tak mendengarnya dan malah “melarikan diri” dan kembali ke gawangnya. Villas-Boas yang punya kuasa pun pada akhirnya juga mengizinkan Lloris tetap main.

Lloris-Spurs

“Hugo harusnya diganti. Pemain lain saja ketika mengalami benturan di lututnya butuh es agar tidak bengkak, dan ini terjadi di kepala! Ia sempat kehilangan kesadaran dan peristiwa semacam itu bisa membuatnya mengalami gegar otak,” kata Dvorak.

“Saya memang tidak tahu detailnya tapi saya percaya bahwa tim dokter klub-klub Premier League memang bagus. Saya yakin mereka telah merekomendasikan Hugo untuk diganti.”

Villas-Boas sendiri beralasan bahwa keputusannya tak mengganti Lloris saat itu karena sang kiper sendiri yang menyatakan kondisinya baik-baik saja.

“Itu memang tugas saya untuk menunda pergantian pemain. Kita harus bisa membuat suatu keputusan dalam situasi seperti ini. Dan dari fakta yang ada, Hugo merasa baik-baik saja dan bisa bermain lagi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda