Scroll to Top

Yussa Nugraha, Kiprah Anak Indonesia di Klub Belanda

By Aditya / Published on Tuesday, 05 Nov 2013

yussa nugraha

Nama Yussa Nugraha mungkin masih belum begitu dikenal oleh masyarakat pecinta sepakbola nasional. Namun, siapa sangka, bocah berusia 12 tahun ini sudah menjalani karir sepakbolanya di klub Belanda, ADO Den Haag. Hanya saja, klub peserta kompetisi kasta tertinggi di Belanda, Eredivisie, ini kemudian meminjamkan Yussa Nugraha ke klub Divisi III, SVV Scheveningen, untuk mengasah penampilan dan menambah pengalaman anak Indonesia itu.

Nama lengkapnya adalah Yussa Rexsava Putra Nugraha. Berasal dari Solo, Jawa Tengah, Yussa Nugraha pindah ke Belanda sekitar 5 tahun silam karena orangtuanya harus bekerja di negara berjuluk negeri kincir angin tersebut. Pada tahun 2008 ketika usianya menginjak 8 tahun, putra pasangan Edi Nugraha dan Indra Lieu ini bergabung dengan sekolah sepakbola yang bernaung di klub amatir di Belanda, VV Haagsehout.

Potensi Yussa Nugraha rupanya terendus oleh tim pencari bakat ADO Den Haag sehingga pada April 2013 lalu, Yussa Nugraha pun diundang ke markas ADO Den Haag untuk mengikuti seleksi bersama 206 anak terpilih lainnya.

yussa nugraha

Namun sayang, dari 25 anak yang lolos seleksi, Yussa Nugraha hanya menempati posisi 30 besar. Meskipun begitu, ADO Den Haag ternyata tidak mau melepas Yussa Nugraha begitu saja. Di bawah pengawasan ADO Den Haag, Yussa Nugraha dipinjamkan ke SVV Scheveningen.

Dengan demikian, Yussa Nugraha masih bisa bermain untuk ADO Den Haag suatu saat nanti sembari menunggu kematangan usia dan perkembangan skillnya selama merumput bersama SVV Scheveningen. Kelak, Yussa Nugraha bertekad kembali ke tanah air dan berharap bisa memperkuat Timnas Indonesia seperti yang diimpikannya selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda