Scroll to Top

Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat Begitu Megah dan Indah

By C Novita / Published on Tuesday, 05 Nov 2013

jembatan kelok 9

Jembatan Kelok 9 di Sumatra Barat yang baru saja selesai pembangunannya, pekan lalu (30/10/2013) diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Acara peresmian tersebut dilaksanakan berbarengan dengan sejumlah infrastuktur lain di daerah Sumbar yang dikerjakan oleh Kemen PU (Pekerjaan Umum).

Menyaksikan kemegahan dan keindahan jembatan Kelok 9 tersebut, Presiden SBY mengungkapkan kebanggaannya pada karya anak bangsa tersebut.

“Kemarin saya tinjau Jembatan Kelok 9 yang kokoh, megah dan indah, hasil karya anak bangsa yang membanggakan, bagi yang belum lihat langsung, datanglah. Saya percaya akan menambah rasa bangga terhadap Indonesia. Sebuah ikon konstruksi yang monumental,” ungkapnya dalam acara sambutan di kota Padang, seperti dilansir laman detik 31/10/2013.

Tak heran rasanya bila orang nomor satu di Indonesia itu memuji jembatan yang terletak di kawasan Suaka Alam pegunungan Bukit Barisan yang penuh hutan dan jurang curam yang indah tersebut.

Lokasinya yang memiliki pemandangan alam cantik, serta struktur jembatan yang berkonsep green contruction memang menyebabkan mata tak bosan melihat kemegahannya.

Jembatan tersebut dibangun secara bertahap, yaitu mulai tahun 2003-2011 dan 2012-2013. Terdiri atas 6 buah jembatan dengan panjang keseluruhan 943 meter, jembatan Kelok 9 adalah solusi dari keadaan jalan sebelumnya yang sempit, serta berkelok-kelok.

“Jembatan Kelok 9 terdiri dari 6 jembatan dengan panjang total 943 Meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 Meter dibangun dengan biaya keseluruhan Rp. 602,55 milyar,” terang Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam laman detikfinance 31/10/2013.

 

Pic: google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda