Scroll to Top

Kuliner Khas Indonesia Banget, Krupuk

By C Novita / Published on Tuesday, 05 Nov 2013

krupuk putih

Krupuk adalah kuliner khas Indonesia. Walau bukan makanan pokok, namun banyak orang Indonesia yang enggan mengonsumsi makanan pokok sebelum menemukan krupuk. Bisa dibilang, krupuk tak dapat ditemukan di negara lain, selain di negara ini.

Untuk itu sebagai orang Indonesia kita patut berbangga dengan kreatifitas nenek moyang kita yang telah menemukan jenis makanan renyah serta gurih ini. Yang unik lagi, jenis krupuk yang terdapat di negara ini cukup banyak.

Apa saja jenis krupuk yang cukup populer di Indonesia? simak berikut ini, siapa tahu ada jenis krupuk favorit Anda di dalamnya:

  • Krupuk bawang

Krupuk bawang atau sering disebut juga kerupuk putih, paling banyak ditemui di Indonesia. Kerupuk ini biasanya dijual eceran oleh pedagang keliling, atau ditempatkan dalam wadah toples kaleng besar di warung-warung. Rasanya gurih bawang, dengan bentuk bulat atau kotak keriting. Krupuk ini lezat sekali dijadikan teman makan nasi.

  • Krupuk udang

Krupuk udang lezat dijadikan teman hidangan seperti soto, gule, dan pelengkap nasi kotak. Krupuk ini jarang dijual bebas, jadi untuk menikmatinya ibu-ibu harus menggorengnya sendiri di rumah. Seperti namanya, krupuk udang dibuat dari campuran udang dan tepung.

  • Krupuk rambak

Ini krupuk khas daerah Jawa Timur, dan Jawa Tengah yang dibuat dari bahan kulit sapi. Rasanya khas, lezat dan tentunya bikin nagih. Uniknya krupuk rambak juga bisa dijadikan campuran dalam jenis sayur gudeg atau lodeh.

  • Krupuk peyek

Peyek bisa dimasukkan dalam jenis krupuk, sebab rasanya renyah dan gurih. Ada taburan kacang tanah, kedelai hitam, ebi, atau ikan teri yang membuat rasa peyek makin nendang. Biasanya peyek dijadikan teman makan pecel yang nikmat.

Masih banyak lagi sebenarnya jenis krupuk yang ada di Indonesia. Apa jenis krupuk favorit Anda termasuk di dalamnya?

 

Pic: wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda