Scroll to Top

Nexus 5 Dibongkar, Ini Komponen yang Digunakan

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Nov 2013
Nexus 5
Nexus 5 Dibongkar

Nexus 5 secara resmi telah diluncurkan oleh Google bersama dengan sistem operasi Android KitKat. Baru-baru ini, iFixit melakukan pembongkaran terhadap smartphone Nexus 5 ini untuk mengetahui komponen apa saja yang digunakan dan bagaimana kemampuan repairability-nya.

Sperti yang kita ketahui, iFixit memang situs yang sering melakukan pembongkaran terhadap gadget baru dan menilai kemampuan repairability atau perbaikan ketika rusak. Sama seperti jajaran produk Nexus lainnya, Nexus 5 ini cukup mudah dibongkar dan beberapa bagian menggunakan lem.

Meski Nexus 5 menggunakan lem, tetapi penggunaannya tak sebanyak jajaran produk Apple. Penggunaan lem ini mempersulit pembongkaran dan sulit juga untuk mengembalikannya seperti semula.

Komponen Nexus 5
Komponen Nexus 5

Tak hanya itu, iFixit juga membeberkan sejumlah komponen yang digunakan oleh smartphone Nexus 5 ini. Nexus 5 sendiri adalah smartphone yang diproduksi oleh LG, sama seperti Nexus 4. Berikut ini daftar komponen yang digunakan oleh Nexus 5 berdasarkan informasi dari iFixit.

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 800
  • Memori RAM (Random Access Memory) 2GB buatan SK Hynix
  • SilmPort transmitter buatan Analogix
  • Beberapa komponen buatan Avago
  • Broadcom BCM20793M NFC controller dan WIFi
  • Kontroler layar sentuh dari Synaptics S3350B
  • Memori internal NAND flash 16GB dari SanDisk SDIN8DE

Seperti yang dilansir dari Slashgear (05/11/2013), iFixit tidak menyebutkan pembuat komponen atau modiul LCD, modul kamera, dan beberapa modul lainnya. Modul LCD kemungkinan besar dibuat oleh LG Display. Sedangkan komponen lain dari Nexus 5 belum diketahui.

Smartphone Nexus 5 ini merupakan penerus Nexus 4 yang akan bersaing di pasar kelas atas melawan Sony Xperia Z1, Samsung Galaxy S4, HTC One, LG G2, dan Oppo N1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda