Scroll to Top

HGST Ultrastar He6, Hard Disk 6TB Berteknologi HelioSeal

By Ditya / Published on Wednesday, 06 Nov 2013
HGST Ultrastar
HGST Ultrastar He6

Minggu ini, HGST atau yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Hitachi mengumumkan kehadiran hard disk berkapasitas 6TB yang telah menggunakan teknologi baru HelioSeal, yakni Ultrastar He6. Apa yang ditawarkan hard disk Ultrastar He6 besutan HGST ini? Simak ulasan berikut ini.

HGST menggunakan teknologi baru dan unik yang disebut dengan HelioSeal yang diterapkan pada hard disk Ultrastar He6. Penggunaan teknologi HelioSeal ini diklaim mampu meningkatkan kepadatan data yang tersimpan dalam Ultrastar He6. Tak heran, kapasitas Ultrastar He6 cukup besar.

Lalu apa sebenarnya teknologi HelioSeal besutan HGST ini? Teknologi HelioSeal ini adalah menggunakan ruang kedap udara yang diisi oleh gas helium, bukan udara biasa. Ini berarti platter atau piringan hard disk disegel dalam ruang kedap udara bersama gas helium.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (05/11/2013), hard disk Ultrastar He6 ini menggunakan tekonolgi HelioSeal ini untuk mengurangi gaya tarik secara dramatis pada tumpukan atau stack piringan yang sedang berputar. Hal ini mengurangi tenaga mekanik dari rotor secara substansial.

Berjat dukungan teknologi HelioSeal inilah yang membuat Ultrastar He6 ini dapat menampung hingga 7 platter sekaligus agar dapat mencapai kapasitas 6TB. HGST mengklaim bahwa Ultrastar He6 hanya mengonsumsi daya 5,3W saja dan menggunakan konektivias SAS dan SATA 6.

“Dengan yang semakin meningkat tekanan pada pusat data perusahaan dan cloud untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan dan mengurangi biaya, HGST berada di barisan depan memberikan solusi baru yang revolusioner yang secara signifikan meningkatkan data center TCO pada hampir setiap tingkat – kapasitas, daya, pendinginan dan kepadatan penyimpanan – semua dalam faktor bentuk 3,5 inci yang sama,” kata Brendan Collins, VP Pemasaran Produk HGST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda