Scroll to Top

PSSI Tak Loloskan Tim Divisi Utama PT LPIS ke ISL 2014

By Aditya / Published on Wednesday, 06 Nov 2013

divisi utama lpis biru

Apes betul nasib tim-tim yang berlaga di Divisi Utama PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Pasalnya, PSSI tidak memberi jatah bagi mereka untuk bisa lolos ke kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Padahal, tim-tim Divisi Utama PT LPIS telah mengarungi kompetisi dan saat ini mulai memasuki babak semifinal dan final.

“Sesuai arahan PSSI, peserta Divisi Utama PT LPIS tak punya hak untuk promosi ke jenjang lebih tinggi, tidak seperti kontestan Divisi Utama PT Liga Indonesia yang naik ke ISL,” keluh Sutikno, Manajer Persenga Nganjuk, salah satu tim yang berlaga di babak semifinal Divisi Utama PT LPIS.

PSSI usai Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar pada Maret 2013 silam memang tidak memberikan perlakuan berbeda terhadap dua operator kompetisi yang sedang berjalan, yaitu PT Liga Indonesia yang mengelola ISL beserta divisi-divisi di bawahnya dan PT LPIS selaku pengelola kompetisi Indonesia Premier League (IPL) juga dengan divisi-divisi di bawahnya.

Untuk kompetisi yang dikelola PT Liga Indonesia, PSSI memberikan respon positif, termasuk terhadap tim-tim dari Divisi Utama PT Liga Indonesia yang tetap diberi hak untuk lolos ke ISL.

Demikian pula dengan tim-tim peserta ISL 2013 sendiri di mana liga dijalankan seperti semula, ada tim yang bertahan dan berhak ikut kompetisi musim depan, serta ada pula tim yang terdegradasi, juga tim-tim yang melakukan laga playoff untuk menentukan siapa yang bertahan dan siapa yang harus turun kasta.

Sedangkan untuk IPL, PSSI justru menghentikannya di tengah jalan setelah PT LPIS dinilai tidak mampu lagi mengelola kompetisi ini. PSSI kemudian menggelar babak playoff untuk menyaring tim-tim IPL yang berhak ikut ISL musim depan. Sedangkan untuk Divisi Utama PT LPIS, PSSI sama sekali tidak memberi tempat ke ISL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda