Scroll to Top

Syarat Marc Marquez Jadi Juara Dunia MotoGP 2013

By Naqib Najah / Published on Thursday, 07 Nov 2013

Jorge Lorenzo vs Marc Marquez 2013

Marc Marquez unggul 13 angka dari Jorge Lorenzo. Pembalap Repsol Honda ini berpeluang menjadi rookie yang menyabet gelar juara di musim perdananya di MotoGP. Namun lebih lanjut, apa sih syarat yang harus ditempuh Marc Marquez?

Secara hitung-hitungan matematika, pintu Marc Marquez menjadi gelar juara MotoGP 2013 terbuka lebih lebar ketimbang Jorge Lorenzo. Marquez menduduki puncak klasemen, sementara Lorenzo tertinggal 13 angka di belakangnya. Di MotoGP Valencia besok, Marc Marquez cukup finis di urutan keempat, sementara Lorenzo butuh meraih podium utama jika ingin menjegal rivalnya.

Kenapa bisa demikian? Berikut ulasannya.

  • Marquez Finis No. 4 + Lorenzo Podium Utama: Lorenzo Masih Kalah Satu Poin

Saat ini Marc Marquez mengumpulkan poin 318. Jika Marc Marquez mengakhiri balapan Valencia di urutan keempat, poin akhir Marquez menjadi 331. Yakni berkat tambahan 13 angka dari hasil finis keempat.

Jorge Lorenzo kini berada di urutan kedua dengan 305 poin. Jika rider Yamaha ini mengakhiri balapan Valencia di posisi terdepan, poinnya menjadi 330. Yakni hasil dari tambahan 25 angka berkat podium utama. Dengan skenario seperti ini, Lorenzo masih kalah satu poin dibanding Marquez.

  • Marquez Finis No. 5 + Lorenzo Finis No.2: Lorenzo Masih Kalah Empat Poin

Skenario ini mustahil terjadi. Marc Marquez dengan dukungan mesin Honda yang lagi prima-primanya, tidak akan mengakhiri balapan di posisi kelima. Kecuali sang rookie mengalami masalah besar seperti slide dan keluar dari lintasan. Kalau pun Marquez finish di urutan kelima, poin yang diperolehnya menjadi 329 (318 + 11). Sementara jika Lorenzo finis di urutan kedua, poin akhir yang diperolehnya menjadi 325 (305 + 20).

Namun, eits, tunggu dulu. Melihat perhitungan di atas, Marquez boleh bangga. Akan tetapi, secara mental, Lorenzo lebih diunggulkan menjadi juara dunia. Kemenangan di Phillip Island dan Motegi, serta didukung kematangan Lorenzo di ajang kelas utama, akan menjadi ancaman tersendiri bagi Marquez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda