Scroll to Top

Cosplay, Gaya Busana Unik ala Anime dan Mangga Jepang

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 07 Nov 2013

Cosplay

Cosplay berasal dari gabungan kata ‘costume’ (kostum) dan ‘play’ (bermain). Adalah sebuah hobi dan kegemaran yang merujuk pada gaya busana unik plus aksesoris serta rias wajah yang mengadaptasi karakter dan tokoh anime, mangga, permainan video, kartun dan idola khas Jepang.

Cosplayer

Pelaku atau kalangan pegiat ‘budaya’ ini disebut dengan Cosplayer. Di antara Cosplayer, pelaku ini disingkat dengan sebutan Layer. Di Jepang, Cosplayer sering dijumpai pada perhelatan perkumpulan sesema penggemar misalkan saat acara Comic market. Sedangkan Cosplay sendiri kini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia baik itu termasuk kalangan Cosplayer maupun non Cosplayer.

Busana Unik

Disebut unik sebab Cosplayer ‘berdandan’ ala tokoh anime idolanya. Mereka totalitas bahkan hingga sedetail mungkin. Mulai dari baju, gaya rambut, hingga atribut lain. Pada tahun 1985 Cosplay semakin meluas di Jepang sebab jadi sebuah aktivitas yang mudah untuk dilakukan.

Pada tahun tersebut anime Kapten Tsubasa sedang populer. Cosplayer hanya dengan menggenakan t-shirt pemain bola Tsubasa sudah bisa ber-Cosplay ria. Pada tahun 1986 Cosplay mulai jadi kegiatann berkelompok. Pada tahun ini pula muncul kamera-kozo yakni fotografer amatir yang mengabadikan kegiatan Cosplay.

Cosplay di Tanah Air

Sebelum tahun 2000-an Cosplay tidak begitu dikenal di Indonesia. Pasca millinium kedua, beberapa event digelar seperti di UI yaitu Gelar Jepang. Salah satu acara di event tersebut yakni Event Cosplay.

Namun event itu tak miliki cukup minat peserta. Sebab, event tersebut hanyalah bagian dari Gelar Jepang UI. Berangkat dari event tersebut, beberapa pemuda-pemudi Bandung memperkenalkan gaya Harajuku sekaligus Cosplayer pertama di tanah air yang bukan merupakan bagian dari event saat itu.

Kini event Cosplay rutin dilakukan hingga sekarang. Hampir tiap bulan ada event Cosplay di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Sebut saja Gelar Jepang UI, Bunkasai, Hellofest, Animonster, dan Extravaganza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda