Scroll to Top

Marc Marquez Selalu Podium, Jorge Lorenzo Tiga Kali Terlempar Tiga Besar

By Naqib Najah / Published on Thursday, 07 Nov 2013

Marc Marquez

Sejauh tujuhbelas seri yang sudah digelar MotoGP tahun 2013, Marc Marquez mengumpulkan data statistik yang lebih gemilang ketimbang Jorge Lorenzo yang kini menjadi rival terdekatnya menuju tangga juara. Marquez selalu mengakhiri balapan di podium, sementara Lorenzo pernah tiga kali terlempar dari tiga besar.

Apa yang kurang dari Marc Marquez sepanjang balapannya tahun ini? Ia yang berstatus rookie, langsung menarik simpati publik sejak balapan pertama di Losail, Qatar. Saat itu, Marquez tancap gas dengan mengakhiri balapan di posisi ketiga. Terlepas dari kegagalannya mengakhiri balapan di Mugello, Italia dan diskualifikasi pada seri Phillip Island, Marquez selalu mengakhiri balapan di podium.

Sedikit kilas balik, di seri Mugello, Italia, Marc Marquez harus pasrah dengan nasib sialnya. Berulangkali jatuh di sesi latihan, Marc Marquez pun harus tergelincir saat race digelar. Drama Mugello diawali dengan benturan antara Rossi dan Bautista yang mengakibatkan keduanya tidak bisa melanjutkan balapan.

Posisi balapan Mugello pun diisi oleh Lorenzo, Dani Pedrosa dan Marc Marquez di tiga besar. Sayangnya, lima lap jelang balapan berakhir, Marquez mengalami kesalahan setelah meng-overtake Pedrosa. Sang rookie tergelincir yang kemudian berimbas pada kegagalannya melanjutkan balapan.

Di Phillip Island pun demikian. Ambisi besar untuk mengunci gelar juara di seri Australia, justru berujung pada hukuman lantaran telat mengganti motor. Lalu bagaimana dengan seri-seri lainnya?

Jawabannya sudah pasti, bahwa sang rookie selalu mengakhiri balapan di daftar tiga besar. Dengan catatan enam kali podium utama, enam kali podium kedua, dan tiga kali podium ketiga.

Catatan ini berbanding terbalik dengan Lorenzo. Ia sempat tiga kali terlempar dari tiga besar. Yakni saat berlaga di Le Mans yang membuatnya finish di posisi ketujuh, Assen dengan finis di urutan kelima, serta Laguna Seca di mana dia finis di urutan keenam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda