Scroll to Top

Android KitKat Lancar di Smartphone Murah, Ini Rahasianya

By Ditya / Published on Thursday, 07 Nov 2013

Upgrade KitKat

Android 4.4 KitKat telah resmi dirilis bersama smartphone Nexus 5 pada 1 November 2013 lalu. Salah satu keunggulan Android KitKat ini adalah dapat berjalan lancar di smartphone murah yang hanya berbekal memori RAM sebesar 512MB. Berikut ini adalah rahasia Android KitKat yang membuatnya ringan.

Jika pada Android Jelly Bean kita pernah mendengar Project Butter dengan tujuan agar dapat dijalankan di smartphone dengan spesifikasi minim, maka pada Android KitKat terdapat Project Svelte yang memiliki tujuan yang sama dengan Project Butter.

Kehadiran Project Svelte pada Android KitKat ini membuat Sundar Pichai dengan percaya diri mengatakan bahwa Android KitKat ini dapat berjalan mulus di smartphone murah dengan memori RAM sebesar 512MB saja. Ia juga mengatakan bahwa Android KitKat ini adalah senjata ampuh untuk membunuh Android Gingerbread yang selama ini dianggap sebagai versi Android yang paling ringan.

Bagaimana cara Project Svelte dalam Android KitKat ini bekerja? Project Svelte ini memisahkan Android core atau Google Experience yang mampu membuatnya begitu ringan dan mengonsumsi sedikit memori RAM. Project Svelte ini juga menghapus program yang berjalan di background untuk membuatnya semakin ringan.

Tak hanya itu, aplikasi Google, seperti YouTube dan Chrome kini diperlakukan setara dengan aplikasi lain. Android KitKat juga kini meluncurkan beberapa layanan secara berurutan agar konsumsi puncak tidak membebani smartphone. Sebelumnya, Android meluncurkan layanan secara bersamaan.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (06/11/2013), salah satu tujuan Android KitKat ini adalah menekan jumlah pengguna Android Gingerbread yang saat ini diperkirakan masih digunakan oleh sekitar 250 juta orang. Google juga percaya diri mengatakan bahwa Android KitKat lebih ringan dibandingkan dengan Gingerbread.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda