Scroll to Top

Ada Berapa Jenis Kanker Payudara dan Apa Gejalanya?

By C Novita / Published on Thursday, 07 Nov 2013

jenis kanker payudara

Kanker payudara banyak diidap oleh kaum hawa dan sebagian kecil kaum adam. Kanker jenis ini dapat menyebabkan kematian bila tak segera ditangani saat masih stadium awal. Makin hari, makin banyak saja wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara karena tak paham bagaimana gejala awalnya.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengenali apa saja jenis kanker payudara yang umumnya menyerang kaum wanita, dan bagaimana gejalanya.

  • Jenis kanker payudara

Dilansir oleh cancer.gov, jenis kanker payudara yang sangat banyak diderita adalah ductal carcinoma. Biasanya jenis ini mulai terbentuk dalam sel saluran susu pada buah dada wanita. Dari 10 orang penderita kanker payudara, umumnya 7 orang menderita jenis ductal carcinoma.

Kedua adalah lobular carcinoma, yang perkembangan awalnya adalah dibagian lobe atau bagian dalam payudara. Ia tumbuh pada bagian lingkaran lobe dalam payudara yang berasal dari kelenjar-kelenjar seperti keringat, susu, dan hormon.

Kanker jenis lobular carcinoma cukup jarang diderita. Dari 10 orang penderita kanker payudara, biasanya hanya 1 orang yang terdiagnosis dengan jenis ini.

Ada lagi jenis kanker payudara yang merupakan paduan kedua jenis di atas namun ini jumlahnya cukup jarang. Dan terdapat beberapa jenis yang diluar jenis ketiga di atas, alias tak umum.

  • Gejala kanker payudara

Secara umum gejala bila seseorang menderita kanker payudara sama. Antara lain terasa sakit di tulang, nyeri atau linu. Ada rasa yang tak nyaman di payudara, berbeda dari biasanya. Terdapat pembengkakan di daerah ketiak dekat sisi payudara yang terserang.

Lalu terdapat benjolan di payudara yang dapat dirasakan dengan sentuhan tangan, juga Anda mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Bila terdapat sebagian besar gejala di atas, segeralah periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat ditangani sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda