Scroll to Top

PSSI Akan Umumkan Format Kompetisi Liga Indonesia Bulan Depan

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 07 Nov 2013

PSSI rupanya baru akan mengumumkan format kompetisi Liga Indonesia, pada tanggal 12 Desember 2013. Hal ini disebabkan karena akan diadakan proses verifikasi terlebih dulu dengan melibatkan 25 klub.

Tujuh klub di antaranya berasal dari Indonesia Premier League (IPL), sementara 18 lainnya dari Indonesia Super League (ISL).

PSSI menurut rencana hanya akan mengambil 4 klub IPL saja, ditambah 18 klub ISL dari proses verifikasi tersebut. Namun jumlah klub yang akan tampil di liga musim depan bisa saja tak sesuai dengan keputusan Kongres, yakni 22.

“Ini karena peserta harus diverifikasi lebih dulu, maka opsi kami siapkan. Rencana kami pada 12 Desember akan definitif”

“Ini bukan soal regulasi, tapi opsi format tadi karena menyangkut peserta” ungkap Joko Driyono di Kantor PSSI, seperti yang dilansir Sportsatu.

Jika 22 klub lolos, PSSI hampir pasti memakai format dua wilayah. Namun jika tidak, format lain disiapkan termasuk tetap menggelar kompetisi seperti musim lalu.

Sementara itu Joko Driyono menjelaskan bahwa kuota pemain asing sebaliknya. Regulasi mengenai pemain asing sudah ditetapkan oleh PSSI, namun Joko belum mau membeberkannya.

Untuk regulasi kuota pemain asing, PSSI sebelumnya memiliki dua opsi. Opsi pertama yaitu klub diperbolehkan menggunakan dua pemain asing dari manapun ditambah satu pemain Asia.

Sementara opsi kedua memperbolehkan setiap klub menambah satu pemain lagi, sehingga rinciannya tiga pemain asing dari negara manapun ditambah satu pemain Asia.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda