Scroll to Top

Anonymous Indonesia Retas Ratusan Situs Australia, Pemerintah Tinjau Ulang Kerjasama

By Ibnu Azis / Published on Friday, 08 Nov 2013

Anynomous

Anonymous Indonesia yang lakukan serangan ke ratusan situs Australia beberapa waktu lalu ternyata berbuntut panjang. Pemerintah lakukan tinjau ulang kerjasama dengan Australia khususnya di bidang pemberantasan penyelundupan manusia serta terorisme.

Beberapa hari lalu kelompok peretas yang mengaku miliki kaitan dengan hacktivist internasional Anonymous ‘merusak’ ratusan laman bisnis Australia dan kantor pemerintah Filipina. Salah satu kelompok tersebut menamakan dirinya sebagai Anonymous Indonesia.

Aksi ‘Balas Dendam’

Motif yang ada ternyata sebagai jawaban atas tingkah laku Australia yang dilaporkan lakukan aktivitas mata-mata. Sebagian laman situs yang dibobol bertuliskan pesan singkat yakni ‘Stop Spying Indonesia’.

Menurut laporan Reuters, ratusan laman yang diserang sepertinya dipilih secara acak. Yang pasti, kebanyakan adalah milik usaha kecil menengah Australia. Sementara itu di Filipina, hacktivist yang mengaka sebagai Anonymous Philippines juga lakukan aksi serupa namun dengan meretas sejumlah situs pemerinta. Mereka lakukan itu sebagai bentuk dukungan kampanye anti politik uang.

Tinjau Ulang Kerjasama

Nampaknya apa yang dilakukan Anonymous Indonesia senada dengan pandangan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa. Ia menganggap aksi Australia diangkap sebagai bagian dari mata-mata.

“Jika Australia merasa bahwa ada cara lain mendapatkan informasi selain dari cara resmi, maka salah satu keajaiban, kita bisa bekerja sama,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.

Terkait dengan tinjau ulang kerjasama yang ada, pemerintah mempertimbangkan untuk meninjau kembali apa yang telah disepakati sebelumnya khususnya di bidang pemberantasan penyelundupan manusia dan terorisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda