Scroll to Top

Saham Twitter Naik Drastis, Kapitalisasi Pasar Tembus 284 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 08 Nov 2013

Saham Twitter

Saham Twitter naik drastis hingga 73% dalam debut perdana mereka. Kapitalisasi pasar bahkan menembus USD 25 miliar atau setara dengan Rp 284 triliun.

Pada penutupan kemarin saham Twitter ditutup di angka USD 44,90 per lembarnya. Harga ini jauh lebih tinggi dari pembukaan awal yakni USD 26 atau perkiraan analis semula yakni hanya di angka USD 17.

Jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis, Twitter unggul dibanding Google, Facebook, LinkedIn, serta AOL. Meski saham Twitter masih miliki harga rendah dari yang lain, namun Google justru turun 1,45% dan berturut-turut ada Facebook, LinKedIn, dan AOL di penurunan 3,18%, 4,22%, dan 3,34%.

Sedangkan pada penutupan kemarin saham Google masih selangit dengan USD 1.007,95 per lembarnya. Sedangkan Facebook masih di angka USD 47,56, LinkedIn USD 211,47, dan AOL USD 41,68.

Mark Mahaney, analis RBC Capital Markets berujar pada Reuters jika Twitter miliki ‘sesuatu’ yang tidak dimiliki Facebook. Mungkin inilah mengapa Twitter tidak alami debut seperti Facebook tahun lalu.

“Ketika orang gunakan Twitter mereka mengikuti orang tertentu untuk tujuan tertentu. Ada sinyal pemasaran yang kuat dan adalah sesuatu yang tidak dimiliki Facebook,” terangnya.

Twitter juga melepas saham perdananya di NYSE. Ini berbeda dengan apa yang dilakukan Facebook yang memilih Nasdaq. Namun lonjakan kemarin hanya sekadar euforia semata?

Tahun 2012 lalu Facebook melepas saham perdana mereka di angka USD 38 per lembarnya. Beberapa jam kemudian penjualan bahkan menyentuh titik tertinggi melonjak hingga USD 45. Namun kemudian harga saham FB terus merosot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda