Scroll to Top

Ini Orang-orang di Balik Kesuksesan Timnas Indonesia U19

By Aditya / Published on Friday, 08 Nov 2013

tim pelatih tmnas indonesia u19 indra sjafri

Timnas Indonesia U19 telah mengharumkan nama bangsa dengan berhasil menjuarai AFF Cup U19 2013 dan lolos ke putaran final AFC Cup U19 2014. Perjuangan Evan Dimas dan kawan-kawan patut mendapat apresiasi positif karena sudah sekian lama sepakbola negeri ini terpuruk tanpa prestasi. Nah, di balik kesuksesan Timnas Indonesia U19 itu, tentunya ada orang-orang yang berperan di dalamnya. Siapa saja mereka?

Yang paling disebut pertama pastinya adalah pelatih Indra Sjafri. Pelatih asli Minangkabau kelahiran 2 Februari 1963 ini dikenal sebagai sosok yang tegas dan mau bersusah-payah menjelajah ke berbagai daerah untuk menemukan talenta-talenta berbakat.

Indra Sjafri pun pernah menjalani aktivitas sebagai pemain sepakbola saat memperkuat PSP Padang pada tahun 1986 hingga 1991. Namun, sosok yang dulu berperan sebagai gelandang ini tampaknya lebih pantas menjadi seorang pelatih. Indra Sjafri dipercaya menangani Timnas Indonesia U16 pada tahun 2011, kemudian berlanjut ke Timnas U17, U18, hingga U19 sampai dengan saat ini.

Di balik layar Timnas Indonesia U19, ada pula nama Eko Purdjianto sebagai asisten pelatih. Ia adalah legenda hidup PSIS Semarang dan mantan bek Timnas Indonesia di era 1990-an. Selain di PSIS, sosok berusia 37 tahun ini pernah memperkuat Pelita Jaya, PSPS Pekanbaru, dan akhirnya gantung sepatu di Persema Malang pada tahun 2006.

Selain kedua tokoh di atas, masih ada sejumlah nama yang perannya tak kalah penting bagi kesuksesan Timnas U19, seperti Nursaelan Santoso (pelatih fisik), Jarot Supriadi (pelatih kiper), Guntur Cahyo Utomo (pelatih mental), Alfan Nur Asyhar (dokter tim), Aditya Prameswara (fisioterapis), Randy Nindito (administrasi), Muhni (kitman), dan Ade Ali (kitman).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda