Scroll to Top

Eriyanto, Bek Persib U19 yang Rela Tak Digaji Demi Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Saturday, 09 Nov 2013

Eriyanto sebenarnya bukan wajah baru di skuat Garuda Jaya. Pemain Persib U19 ini adalah bek tengah andalan Indra Sjafri saat masih di Timnas Indonesia U17 pada tahun 2012 silam. Meskipun berasal dari keluarga sederhana, namun komitmen Eriyanto untuk Timnas Indonesia sangat besar. Ia bahkan rela tak digaji demi membela kepentingan bangsa.

Evan Dimas, kapten Timnas Indonesia U19 di ajang AFF Cup U19 dan babak Kualifikasi AFC Cup U19 2014 yang baru lalu, mengungkapkan bagaimana besarnya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh Eriyanto. Evan Dimas dan Eriyanto pernah bersama-sama memperkuat Timnas Indonesia U17, U18, hingga U19 di berbagai event internasional.

”Eriyanto yang berasal dari keluarga kurang mampu, bahkan bersedia tidak digaji sepeserpun demi membela nama bangsa,” ungkap Evan Dimas beberapa waktu lalu.

Saat itu, Eriyanto memang belum menerima gaji setelah membawa Indonesia menjuarai HKFA International Youth Football Invitation di Hongkong, padahal rumahnya di Sukabumi, yang berupa gubuk sangat sederhana, rusak parah karena diterjang tanah longsor, pada bulan April 2013 lalu.

Nama Eriyanto sendiri mulai diperhitungkan sejak memperkuat tim Garuda Muda di turnamen AC Milan Junior Camp 2010 yang digelar di Milan, Italia. Saat itu, Eriyanto bahkan dipercaya oleh Indra Sjafri untuk menjabat sebagai kapten tim Indonesia, dan terpilih sebagai kapten tim terbaik di ajang tersebut.

Meskipun tidak terpilih masuk skuat Timnas Indonesia U19 untuk AFF Cup U19 dan babak Kualifikasi AFC Cup U19 2014, namun pelatih Indra Sjafri memanggil kembali Eriyanto untuk ikut pemusatan latihan Timnas U19 di Batu, Malang, sebagai persiapan menuju putaran final AFC Cup 2014 di Myanmar tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda