Scroll to Top

Wanita Memilih Jejaring Sosial, Pria Lebih Suka Telefon

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 30 Sep 2011

Setidaknya itulah hasil studi yang dilakukan oleh Rebtel kepada 2.361 orang dewasa di Amerika sebagai respondennya. Apakah hal yang sama juga berlaku pada Anda dan sebagian masyarakat Indonesia pengguna aktif sosial media lainnya?

Rebtel merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi internet yang berbasis di Amerika Serikat. Hasil penelitian yang dilakukannya mendapatkan kesimpulan bahwa mayoritas wanita lebih memilih menggunakan sarana sosial media, yakni jejaring sosial, untuk membina komunikasi baik kepada teman, saudara maupun rekan kerja, dibandingkan dengan pria.

Berikut grafik yang diolah dari hasil penelitian Rebtel:

Tampaknya hasil penelitian ini sejalan dengan karakteristik wanita yang lebih suka bertele-tele, dan pria yang lebih “to the point”. Dengan jejaring sosial, selain berkomunikasi dengan orang-orang terdekat mereka, ada banyak sekali fitur yang dapat mereka manfaatkan untuk mengambil informasi (jika tidak ingin dikatakan gosip) darinya.

Sedangkan telefon lebih banyak digunakan pria, karena dengan telefon, seseorang dapat langsung berbicara pada orang yang dituju, tanpa ada tambahan fitur-fitur pelengkap seperti mengupdate status atau membaca tweet seseorang.

Secara umum, Rebtel juga melakukan penelitian mengenai perilaku respondennya, terhadap alat komunikasi yang paling mereka utamakan dalam membina hubungan sosial dengan lingkungannya. Dan berikut adalah grafiknya seperti yang dikutip dari AllTwitter:

Dari grafik diatas, tampak jelas sekali era teknologi internet sudah mampu menggeser penggunaan telefon. Email merupakan alat komunikasi yang paling popular digunakan para responden jika dibandingkan dengan media lainnya.

Mengingat penggunaan email saat ini sudah merupakan alat komunikasi masal yang lebih murah daripada telefon, tidak diragukan lagi media-media seperti inilah yang lebih cepat popular dikalangan masyarakat.

Dan tidak akan lama lagi fungsi jejaring sosial diramalkan akan juga dapat menggantikan fungsi telefon. Anda setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda