Scroll to Top

Google Playstore Book Kini Mendukung File ePub dan PDF

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 09 Nov 2013

Google Play Book

Google Playstore Book kini mendukung fitur unggah yang memungkinkan pengguna untuk upload berkas ‘bacaan’ lain di luar yang telah disediakan oleh Toko Buku Online Google. Menariknya lagi berkas yang mendukung yakni ePub dan PDF. Ini berarti pengguna bisa suntikkan file bacaan lain untuk dibaca melalui aplikasi Google Play Book.

Google Playstore Book memang telah tersedia untuk wilayah Indonesia beberapa waktu yang lalu. Namun yang menjadi kendala pengguna kemudian adalah, koleksi buku yang ada didominasi oleh bahasa asing. Tidak ditemukan buku berbahasa Indonesia.

Pun juga harga yang dibanderol cukup mahal. Mungkin karena mengikuti fluktuasi dollar, harga buku digital di Toko Buku Online Google malah lebih mahal dibanding buku cetak. Alhasil, dengan dua faktor di atas tak kaget jika ketersediaan konten buku di Google Play kurang mendapat antusias pengguna.

Namun, ada yang baru di Google Playstore Book. Beberapa hari yang lalu tatkala Google memutakhirkan aplikasi Google Play Book, muncul opsi Uploads di fitur My Library. Ternyata, fitur tersebut adalah untuk menampilkan koleksi bacaan yang diunggah ke fitur My Books di Google Playstore Book.

Cara penambahan bacaan di luar Google Playstore Book cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi laman Google Playstore Book di sini dan kemudian klik My Books lalu pilih Uploads.
  2. Sila unggah berkas bacaan yang akan disuntikkan di My Library untuk opsi Uploads. Berkas yang didukung yakni ePub dan PDF.
  3. Jika proses unggah selesai, sila buka aplikasi Google Play Book di smartphone atau tablet untuk membaca buku yang telah diunggah.

Nah, selesai. Contoh penampakannya di Google Playstore Book adalah sebagai berikut:

Google Playstore Book

Yang menarik kemudian tak hanya via smartphone dan tablet, koleksi My Books bisa langsung dibaca via peramban di situs Google Playstore Book. Sehingga Anda bisa menikmatinya via PC atau laptop bila tidak berkenan via ponsel dan tablet.

Kunjungi laman Google Playstore Book di sini atau jika Anda belum mengunduh aplikasi Google Play Book sila download gratis di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda