Scroll to Top

Beginilah Jika Trending Topic Ada Di Peta Dunia

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 30 Sep 2011

InboxQ meluncurkan sebuah fitur baru yang cukup menarik. Yaitu sebuah tampilan hasil search topik Twitter dalam bentuk HotMap, atau serupa alat penunjuk pencari panas pada sebuah peta dunia.

Bagaimana mekanismenya? Anda cukup mengetikkan topik tertentu yang Anda ingin ketahui negara mana saja yang banyak mengaksesnya, dan voila! Anda akan menemukan areal-areal tertentu yang paling “panas” membicarakannya, dalam peta ini.

Penulis mencoba memasukkan kata “Mario Teguh” dalam percobaan ini, dan inilah hasil analisis fitur tersebut:

Dari hasil analisis situs ini, dapat diketahui bahwa topik “Mario Teguh” cukup banyak dibicarakan di sebagian wilayah Amerika, dan sedikit di wilayah Eropa (khususnya Inggris, Perancis dan Jerman).

Cukup banyak kekurangan pada fitur ini memang. Peta yang disajikan tidak benar-benar peta dunia. Sayang sekali peta Asia, terutama Indonesia, tidak diikutsertakan dalam fitur ini. Padahal pengguna Twitter di Indonesia jumlahnya pasti sangat signifikan jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Dan tampaknya, jika Anda masukkan keyword apapun, areal “panas” yang akan dihasilkan hanya seputar negara-negara itu saja. Yaitu Amerika, dan sedikit wilayah Eropa (khususnya Inggris dan Jerman). Mungkin hal ini dikarenakan data tweet yang digunakan untuk mengelola hasil analisis oleh pengelola situs ini memang terbatas hanya pada negara-negara tersebut.

Diluar itu semua, fitur ini diklaim dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mengetahui dimana saja sebaran pengguna produknya, dan seberapa banyak produknya menjadi trending topic di sosial media, khususnya Twitter.

Jika memang ditargetkan untuk para pelaku bisnis, harapan penulis adalah semoga pihak pengembang situs ini dapat segera meningkatkan performa fitur ini, agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh penggunanya.

Atau bagi Anda calon startup Indonesia, mungkin saja hal ini bisa menjadi inspirasi untuk dapat menghasilkan startup sejenis, atau bahkan dengan fitur yang lebih sophisticated.

Yang tidak kalah pentingnya, penulis berharap juga agar dapat segera memunculkan wilayah Asia, khususnya Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara paling berpotensi untuk pemasaran produk-produk terbaik dunia. Anda setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda