Scroll to Top

Kamala Khan, Tokoh Komik Muslim Pertama Marvel

By Ika / Published on Saturday, 09 Nov 2013

Kamala Khan

Marvel Comics kini menghadirkan karakter baru, yaitu Kamala Khan. Apa istimewanya? Rupanya Kamala Khan atau Ms. Marvel ini adalah tokoh komik muslim pertama yang dibuat oleh Marvel.

Kamala Khan digambarkan sebagai sosok gadis muda 16 tahun yang berasal dari Pakistan dan tinggal di New Jersey. Kamala adalah gadis yang lincah, penuh semangat, dan hidup di tengah-tengah keluarga yang sangat konservatif . Di sisi lain, ia punya kekuatan superhero yang mengagumkan, yaitu kemampuan untuk mengubah bentuk tubuh.

Dalam gambar tokoh Kamala Khan yang sudah beredar, tampak seorang gadis berambut cokelat, bertopeng, serta memakai kostum superhero dengan warna merah, biru, dan kuning. Di dadanya terlihat gambar petir, sedangkan ia menunjukkan tinjunya yang besar. Sementara itu, di sampingnya juga terlihat seekor landak gemuk dengan tinju hijau seperti tangan Hulk.

Sang kreator, Sana Amanat, menciptakan karakter Kamala setelah berdiskusi dengan editor senior Marvel Comics, Stephen Wacker. Sana Amanat sendiri sebenarnya memiliki darah campuran Pakistan-Amerika, sehingga tokoh Kamala ini sedikit menggambarkan kehidupan si penciptanya saat masih muda.

Serial dengan tokoh Kamala Khan ini sendiri muncul untuk memberi gambaran mengenai kehidupan muslim di Amerika. Seperti yang diketahui, muslim atau agama Islam kerap dipandang sebagai musuh di negara barat.

Lewat Kamala Khan inilah Marvel mencoba memberikan sudut pandang lain tentang bagaimana kehidupan gadis muslim muda di tengah-tengah kondisi yang tidak menguntungkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda