Scroll to Top

Google Rilis Text-to-Speech, Aplikasi Android Konversi Teks ke Suara

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 09 Nov 2013

Text-to-Speech

Google belum lama ini merilis aplikasi baru yang bernama Text-to-Speech. Aplikasi ini miliki kemampuan untuk mengubah atau mengonversi teks menjadi audio atau suara. Seperti apa?

Aplikasi ini bekerja dengan baik di dua aplikasi Google lain yaitu Google Translate dan Google Play Book. Di kedua aplikasi tersebut memang memungkinkan melakukan pelafalan bunyi untuk teks tertulis.

Misalkan saja di Google Play Book. Jika pengguna malas untuk membaca, tinggal aktifkan fitur Read Aloud. Nantinya aplikasi ini seakan membacakan buku ke pengguna. Laiknya ibu yang mendongeng ke anaknya sebelum tidur.

Bagaimana dengan Google Translate? Serupa dengan Google Play Book, aplikasi Text-to-Speech akan membantu pengguna untuk urusan pelafalan. Bila kurang mengerti bagaimana pengucapan bahasa asing terpilih di kata atau kalimat tertentu, Text-to-Speech akan berikan contoh pengucapannya.

Selain itu Text-to-Speech juga bekerja dengan baik di aplikasi TalkBack. Pendek kata, aplikasi ini bekerja dengan baik di semua aplikasi yang mendukung fitur text-to-speech output.

Untuk mengaktifkan aplikasi ini, sila temukan opsinya di Setting – Language & Input – Text-to-Speech dan pilih mesin Google Text-to-Speech sebagai default.

Di Google Play, Text-to-Speech dimutakhirkan terakhir pada 6 November 2013 di versi 2.4.3.864779. aplikasi ini berjalan di ICS 4.0.3 ke atas dan bisa diunduh gratis di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda