Scroll to Top

PSSI Kurangi Pemain Asing, Tondo Widodo Berkomentar Miring

By Aditya / Published on Saturday, 09 Nov 2013

pssi tondo widodo

Kebijakan terbaru PSSI mengenai pengurangan kuota pemain asing untuk Indonesia Super League (ISL) musim depan mendapat tanggapan miring dari Tondo Widodo. Mantan Deputi Sekjen PSSI ini menilai bahwa kebijakan baru PSSI itu justru akan memicu terjadinya pemborosan.

PSSI sebelumnya telah menetapkan bahwa setiap klub hanya boleh memiliki 3 pemain asing ditambah 1 pemain asing Asia (3+1). Namun, hanya 3 legiun asing yang boleh masuk starting line-up. Artinya, akan ada 1 pemain asing yang harus dicadangkan atau justru tidak dimainkan sama sekali.

“Bagi klub, terutama dengan kondisi finansial pas-pasan, aturan ini justru bakal menjadi sebuah pemborosan,” tukas Tondo Widodo belum lama ini.

“Aturan bahwa klub boleh mengontrak empat pemain asing tapi hanya boleh memainkan tiga, membuat klub tidak bisa efisien dalam mengelola keuangan. Seharusnya, pihak yang membuat regulasi liga tidak setengah hati dalam membuat aturan,” lanjutnya.

Selain itu, Tondo Widodo juga menyebut bahwa akan ada pihak yang dirugikan jika PSSI benar-benar menerapkan pengurangan kuota pemain asing di kompetisi musim depan. Pihak yang dirugikan itu, kata Tondo Widodo, adalah para agen pemain asing di Indonesia.

“Lahan mereka akan tergerus kalau memang aturannya diubah dan hanya memperbolehkan tiga pemain asing dalam setiap klub,” seloroh Tondo Widodo yang tersingkir dari kepengurusan PSSI usai Kongres Luar Biasa pada bulan Maret 2013 silam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda