Scroll to Top

Turunkan Resiko Hipertensi dengan Cara Ini

By C Novita / Published on Sunday, 10 Nov 2013

hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi beberapa penyakit seperti diabetes, sakit jantung, stroke, bahkan ginjal. Karenanya penting sekali untuk selalu memperhatikan kestabilan tekanan darah pada level normal yaitu 120/80 mmHg, dan berusaha menurunkannya bila melebihi batas tersebut.

Namun lebih penting lagi tentu menghindari resiko terkena penyakit tersebut. Berikut adalah cara menurunkan resiko terkena hipertensi, seperti dilansir oleh Healthmeup:

  • Sedikit garam. Mengurangi asupan garam dapat membantu menurunkan resiko hipertensi. Hal ini direkomendasikan oleh WHO, bahwa batas aman konsumsi garam adalah tidak lebih dari 2000 miligram atau 5 gram per hari. Ini sekitar 1 sendok teh.
  • Pentingnya potasium. Ini adalah jenis mineral yang bermanfaat bagi pencegahan hipertensi. Disarankan untuk mengonsumsi 3.510 miligram per hari dan dapat diperoleh dari kacang polong, kacang, bayam dan sayuran hijau, kol, pisang, pepaya, serta kurma.
  • Diet sehat. Memperbanyak asupan sayur, buah, dan mengurangi asupan makanan olahan atau makanan kaleng sangat dianjurkan. Makanan olahan biasanya memiliki kandungan sodium dan natrium tinggi, yang memicu hipertensi. Kurangi pula makanan yang digoreng, serta makanan dengan lemak tinggi.
  • Kontrol berat badan. Makin tinggi berat badan, maka tekanan darah akan makin tinggi. Jadi ada baiknya Anda mengontrol berat badan untuk menghindarkan diri dari hipertensi.
  • Olahraga. Berolahraga juga menjadi jalan yang mudah untuk menghindari hipertensi. Lakukanlah secara teratur 30 menit per hari, misalnya bersepeda, jalan, berkebun dan aktifitas lainnya.
  • Hindari alkohol. Alkohol bisa meningkatkan tekanan darah, bila dikonsumsi dalam waktu yang lama. Jadi hindari minuman keras, dan mulailah gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda