Scroll to Top

PSM Makassar Siap Kembali ke ISL

By Raditya / Published on Sunday, 10 Nov 2013

PSM Makassar

Setelah memastikan diri lolos dari babak playoff Indonesia Premier League (IPL) 2013, PSM Makassar menyatakan siap untuk kembali berkiprah di Indonesia Super League (ISL) musim depan. Tim Juku Eja pun segera mempersiapkan diri untuk menghadapi verifikasi dari PSSI sebagai syarat terakhir sebelum resmi ke ISL.

“Kami ingin PSM Makassar nantinya lolos dengan nilai terbaik. Keseriusan tim manajemen dan pengurus PSM Makassar dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk verifikasi terus dikerjakan,” tandas CEO PSM Makassar, Rully Habibie, belum lama ini.

“PSM Makassar terakhir diverifikasi langsung oleh tim dari AFC pada 2011 lalu. Ini menjadi dasar acuan kami dalam mempersiapkan diri menjalani verifikasi versi PSSI. Karena dalam menentukan standar verifikasi di Indonesia pastinya PSSI telah berkoordinasi dengan AFC,” lanjutnya.

“Sebenarnya sudah ada bayangan kami soal item-item apa saja yang akan dikemukakan nanti, tapi pengalaman 201 lalu itu dapat menjadi acuan manajemen dalam mempersiapkan diri,” ujar Rully Habibie.

Selama 2 musim terakhir, PSM Makassar memang tidak lagi berkiprah di ISL, melainkan menyeberang ke IPL. Namun, setelah IPL dihentikan karena berbagai masalah, dan ISL kembali ditunjuk sebagai kompetisi kasta tertinggi di Indonesia untuk musim depan, Pasukan Ramang pun siap unjuk gigi di ISL lagi.

PSM Makassar pernah menjadi salah satu tim terkuat di ISL dan merupakan klub profesional tertua di Indonesia. Didirikan secara resmi pada tanggal 2 November 1915, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini lahir dengan nama Makassar Voetbal Bond (MVB) sebelum berubah menjadi PSM Makassar di hari ulang tahunnya yang ke-25.

Tim yang juga memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur mengoleksi gelar juara sebanyak 5 kali saat kompetisi di Indonesia masih berstatus Perserikatan, yaitu pada tahun 1957, 1959, 1965, 1966, dan 1991. Selain itu, PSM Makassar juga pernah menjuarai Liga Indonesia pada musim 1999/2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda