Scroll to Top

Jay Rodriguez: Berdarah Spanyol, Jatuhkan Hati Pada Timnas Inggris

By Wan Faizal / Published on Sunday, 10 Nov 2013

Jay Rodriguez

Ada sesuatu yang mengejutkan setelah manajer Timnas Inggris, Roy Hodgson, mengumumkan 28 nama yang ia panggil guna meladeni perlawanan Chile dan Jerman pekan depan. Sesuatu itu tak lain adalah pemanggilan striker Southampton, Jay Rodriguez. Meski punya nama dan berdarah Spanyol, namun Jay menyatakan komitmennya untuk membela The Three Lions ketimbang Tim Matador.

Jay memang lahir di Inggris, tepatnya Burnley. Namun fakta bahwa kedua orang tuanya orang Spanyol membuat ia berkesempatan bermain dengan pemain bintang macam Xavi Hernandez, Cesc Fabregas, dan Sergio Ramos di Timnas Spanyol.

Akan tetapi, Jay ternyata menolak anggapan bahwa ia adalah orang Spanyol. Dengan tegas, pemain berusia 24 tahun itu mengaku bahwa ia orang Inggris dan siap memberikan segalanya bagi Inggris pekan depan, yang mana akan menjadi debutnya berseragam putih khas Inggris.

“Tentu saja saya orang Inggris. Saya memang punya hubungan dengan Spanyol dan ayah saya juga orang Spanyol. Namun ini (dipanggil masuk skuad Inggris) adalah mimpi yang jadi kenyataan. Sulit dipercaya dan saya sudah tak sabar menanti hari itu,” jelas Jay.

“Ini adalah sesuatu yang bagus bagi saya karena bisa ambil bagian dalam skuad. Namun saya yakin masih bisa berkembang.”

Dalam dua musim terakhir, saat Soton promosi ke Premier League, nama Jay memang menjadi salah satu tumpuan di lini depan. Bersama Rickie Lambert dan Adam Lallana, keduanya juga masuk di timnas, ketiganya bahu-membahu mempertahankan Soton di Premier League musim lalu. Jay sendiri musim lalu sukses mengemas enam gol dari 35 kali main.

Jay-Adam-Lambert

Musim ini situasinya agak berubah karena Soton kedatangan Pablo Osvaldo yang membuat posisi striker agak dirotasi oleh manajer Mauricio Pochettino. Namun ketika dimainkan, Jay sanggup menunjukkan ketajamannya. Hingga saat ini, Jay sudah mengemas tiga gol, sementara Osvaldo baru sebiji gol.

“Jay bermain baik bagi Southampton dan ini merupakan kesempatan baik untuk melihat kemampuannya yang sesungguhnya. Kita akan lebih mengenal Jay dalam 10 hari ke depan,” ucap Hodgson.

Janji Hodgson yang akan coba menampilkan beberapa muka baru di dua laga ke depan agaknya harus dimanfaatkan betul oleh Jay. Siapa tahu, ia bisa ikut serta ke Piala Dunia 2014 nanti yang akan semakin menguatkan kecintaannya pada Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda