Scroll to Top

Kred Saingan Baru Klout

By Erni Dwi / Published on Sunday, 02 Oct 2011

kred logoMungkin anda adalah salah satu dari 100 juta orang di seluruh dunia yang mementingkan reputasi di dunia internet , mengukur seberapa besar pengaruh anda atau perusahaan anda di sosial media  melalui Klout?

Namun tahukah anda bahwa Klout kini telah memiliki saingan baru, Kred?

Tool yang memiliki kesamaan fungsi dasar persis seperti Klout yakni untuk analisis sosial media dan mengukur  seberapa pengaruh penggunanya di dunia jejaring sosial ini masih memerlukan invite untuk menggunakannya. Kred baru akan diluncurkan bertahap secara resmi pada beberapa minggu yang akan datang.

Kred merupakan produk social data mining keluaran PeopleBrowsr yang mengedepankan tiga kunci utama yakni transparancyrelevancy dan community. Setiap pengguna Kred yang memiliki akun twitter nantinya dapat memperoleh  score Kred dalam dua bagian yakni  influence score dan  outreach score.

Influence score  pada Kred diukur berdasarkan kemampuan anda menginspirasi orang lain dan memiliki skala dari 1 sampai 1000 dan bergantung kepada data tweet anda yang diretweet,  seberapa banyak reply yang anda lakukan, seberapa banyak follower  yang anda miliki,  koneksi anda, List Follow dan Follow ratio.

Kred juga akan menilai  “like” di Facebook dan  +1 anda pada Google+ namun Kred lebih memilih twitter sebagai sumber data utama. Sedangkan Outreach score diukur dari level dan refleksi dari retweet dan reply anda ke akun twitter orang lain.

Karena salah satu perhatian utama Kred pada community maka Kred juga akan mengidentifikasi berdasarkan informasi anda dalam twitter bio anda dan menentukan termasuk ke dalam komunitas manakah anda dari 200 komunitas yang terdaftar dalam Kred. Kred juga memungkinkan anda untuk memeriksa seberapa besar pengaruh anda dalam komunitas.

Yang membedakan antara Klout dengan Kred adalah transparansi Kred  dalam menentukan score anda dan mengijinkan kita untuk memeriksa setiap retweet yang ada dan seberapa pantas score yang layak anda dapatkan.

Satu retweet nantinya  akan dinilai dengan 10 poin. Tetapi jika seseorang dengan nilai Kred yang tinggi meretweet tweet anda maka akan bernilai sampai 50 poin. Sedangkan untuk mention akan memiliki poin yang lebih besar daripada poin untuk follow. Kred juga mengijinkan anda memasukkan penghargaan anda yang anda peroleh di dunia nyata dengan mengirimkan salinan PDF ke Kred maka  anda dapat menambah poin pada score Kred anda.

Berminat mencoba mengukur score anda? anda bisa mencoba beberapa fitur Kred  melalui halaman web PeopleBrowsr  dengan memasukkan nama akun twitter anda melalui box search di bagian atas halaman web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda