Scroll to Top

ASK.fm Sebabkan 9 ABG Bunuh Diri

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Nov 2013

Ask FM

Media sosial tanya jawab Ask.fm dikaitkan dengan kasus tragis yang menelan total sembilan nyawa melayang. Situs ini disinyalir sebabkan sembilan ABG lakukan aksi bunuh diri. Seperti apa?

Mungkin media sosial asal Latvia ini belum terdengar gaungnya. Jika dibanding dengan Facebook atau Twitter, nama Ask.fm bukanlah apa-apa. Pernah mendengar Formspring? Mungkin sejenis media sosial tersebut.

Ask.fm memungkinkan pengguna untuk ajukan pertanyaan ke si pemilik akun. Anda, sebagai pengguna bebas bertanya pertanyaan apa saja ke pengguna lain. Celakanya, semua pengguna bisa melihat semua konten serta seakan tak ada yang memantau.

Tahun lalu tepatnya bulan Agustus, Hannah Smith, salah satu korban, ditemukan gantung diri oleh kakaknya. Gadis berusia 14 tahun tersebut lakukan tindakan konyol itu setelah membaca sebuah postingan dari pengguna anonim di laman Ask.fm miliknya.

“Semua akan bahagia jika melihat Anda mati,” tulis komentar anonim tersebut.

Robert Siciliano, ahli kemanan siber McAfee berujar jika Ask.fm adalah situs cyberbullies yang kerap dimanfaatkan pengguna untuk menjatuhkan seseorang tanpa mengetahui asal-usul identitas mereka (anonim).

“Remaja bunuh diri setiap hari, sayangnya, mereka melakukannya karena sebuah perangkat dan orangtua hanya mengangkat alis karena ini,” ujarnya.

Akan tetapi Siciliano tidak mengatakan jika Ask.fm adalah sebagai pihak yang salah. Meski secara tidak langsung telah sebabkan sembilan nyawa tak bersalah, peran orangtua lah yang seharusnya dominan.

“Pelajari teknologi, pahami aplikasi, dan cari tahu bagaimana aktivitas online mereka (anak),” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda