Scroll to Top

BBM for Android dan iPhone Dipastikan Bakal Tampilkan Iklan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Nov 2013

BBM for Android iPhone

BBM for Android dan iPhone memang dijanjikan oleh Blackberry bakal gratis. Itu memang terbukti terealisasi. Gratis kala men-download dan menggunakan. Namun mereka tak janjikan akan bebas iklan. Seperti apa?

Pra resmi dirilis sempat timbul kekhawatiran jika BBM untuk Android dan iPhone membutuhkan syarat khusus. Menilik dari ekosistem BBM di Blackberry, kekhawatiran itu merujuk pada paket internet BIS (Blackberry Internet Service).

Namun rasa was-was itu terbuang sudah. BBM lintas platform bisa digunakan tanpa paket tertentu atau seperti di smartphone Blackberry. Pengguna yang gunakan paket internet reguler (kuota atau unlimited) sudah bisa menggunakannya.

Akan tetapi vendor asal Kanada itu sempat berujar jika Blackberry memastikan bakal mencoba memboyong beragam iklan ke BBM di luar Blackberry. Ini dilakukan sebagai langkah monetisasi sebagai bagian dari mendatangkan keuntungan.

“Kami punya ide lain untuk lakukan monetisasi layanan ini (BBM),” terang Andrew Bocking, Head of BBM pada The Morning Edition.

Ide yang dimaksud untuk mendatangkan pendapatan dari BBM yang paling mungkin yaitu melalui iklan. Sedangkan moment yang tepat untuk melakukannya yakni tatkala Blackberry merilis fitur baru di BBM lintas platform.

Fitur yang dimaksud adalah BBM Channel, BBM Video, dan mungkin saja BBM Voice. Untuk saat ini fitur-fitur tersebut masih premium di Blackberry 10. Jika disuntikkan ke BBM Android dan iPhone, sah-sah saja Blackberry kenakan ‘biaya’ untuk fitur premium tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda