Scroll to Top

Mengunyah Es Batu Bisa Merusak Gigi

By Ilham Choirul / Published on Monday, 11 Nov 2013

gigi sehat

Gigi bisa rusak hanya dengan melakukan hal-hal sepele. Padahal, gigi digunakan seseorang seumur hidupnya. Begitu gigi rusak dan akhirnya tanggal, seseorang jadi sulit mengunyah atau berbicara. Mereka akhirnya memanfaatkan gigi palsu.

Dikutip dari Times of India, beberapa hal sepele ini bisa menjadi bumerang yang akan merusak gigi:

  1. Membuka tutup botol dengan menggunakan gigi. Ini sering dilakukan sebagai aksi sok keren atau memang saat itu tidak ditemukan alat pembuka botol. Padahal aksi seperti ini sangat merugikan gigi. Pasalnya, gigi bisa retak atau terjadi mengelupaskan enamel. Di samping itu, posisi gigi dimungkinkan dapat bergeser. Jika memang tidak ada pembuka botol, sebaiknya gunakan media pembuka alternatif seperti gunting atau pisau.
  2. Mengunyah es batu. Sensasi yang muncul saat mengunyah es batu memang asik. Tetapi, memandang tekstur es batu yang cukup keras sebenarnya kurang baik untuk dikunyah. Ini dapat membuat gigi rusak dan menimbulkan masalah gigi sensitif karena suhu yang dikunyah terlalu ekstrim. Jika kondisi gigi sudah agak rapuh, kemungkinan bisa mengalami patah gigi.
  3.  Minum susu atau jus sebelum tidur. Zat gula yang ada pada minuman manis tersebut sangat merusak gigi jika tidak dibersihkan menjelang tidur. Gula yang mengendap pada rongga mulut menjadi area yang disukai bakteri. Bakteri tersebut selanjutnya menimbulkan sifat asam yang dapat mengikis fisik gigi. Oleh sebab itu, sangat disarankan tidak mengonsumsi yang manis sebelum tidur. Dan, lakukan gosok gigi menjelan tidur agar terpastikan gigi telah bersih dari sisa makanan.
  4. Minum anggur dan minuman beralkohol alkohol. Minuman keras memiliki sifat asam. Artinya, minuman tersebut bisa merusak enamel gigi dan perlahan membuatnya keropos. Semenatara untuk anggur merah, warnanya bisa membuat gigi ikut berubah merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda